Home News Metropolis Heboh! Air Sungai Cempaga Berubah Menjadi Jernih dan Bersih

Heboh! Air Sungai Cempaga Berubah Menjadi Jernih dan Bersih

  Sugianto   | Selasa , 31 Oktober 2023
9120ef04790a840c82c9180d97086de3.jpg
Kondisi air Sungai Cempaga yang jernih dan bersih yang terjadi baru-baru ini.

KLIK.SAMPIT - Masyarakat Kabupaten Kotawaringin Timur khususnya di Kecamatan Cempaga, dalam beberapa hari ini dibuat heboh dan takjub dengan perubahan warna air Sungai Cempaga. Air sungai yang biasanya berwarna kecokelatan kini brtuabah menjadi bersih, jernih dan bersih. 

Herdy salah seorang warga Desa Cempaka Mulia, mengatakan air sungai yang biasa berwarna kecokelatan dan keruh, kini terlihat jernih dan bersih.

"Biasanya air di Sungai Cempaga ini warna kecokelatan dan agak keruh, tapi ini kok bisa jernih dan bersih" katanya oenuh tanya, Selasa (31/10).

Menurutnya, perubahan warna air sungai ini merupakan kejadian langka dan merupakan fenonena alam yang luar biasa.

Adapun sejumlah desa merasakan hal yang sama yakni Desa Luwuk Bunter, Desa Sungai Paring,

Desa Cempaka Mulia, Desa Jemaras, Desa Luwuk Ranggan, Desa Patai dan Desa Rubung Buyung.

Sejumlah wargapun mempublikasikan kejadian ini lewat media sosial baik untuk berenang. Bahkan warga juga menyaksikan benda yang ada di dasar sungai dan lainnya.

Herdy mengakui sebelumnya kejadian seperti memang pernah terjadi di wilayah mereka.

"Memang pernah terjadi sebelumnya, namun bagi saya ini merupakan kejadian alam yang luar biasa airnya sangat jernih, Saking jernih dan bersihnya air sungai ini, ikan dan benda di sungai bisa kelihatan," bebernya.

Sementara, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kotim Machmoer mengatakan, terkait kejadian alam yang menghebohkan warga Cempaga tersebut, pihaknya melakukan uji coba sampel air tersebut 

"Kejadian ini merupakan fenomena alam, untuk penyebabnya kenapa air di sungai itu menjadi jernih dan bersih. kami masih menunggu hasil tes laboratorium," pungkas dia. (KLIK-RED)

Baca Juga

Ikuti Kami