Home News Metropolis Antisipasi Banjir Pemkab Kotim Normalisasi Sungai dalam Kota

Antisipasi Banjir Pemkab Kotim Normalisasi Sungai dalam Kota

  Sugianto   | Sabtu , 28 Oktober 2023
ba3744c1f2316c563f6507ba6f45c3d7.jpg
Uji coba ekskavator ampibi di Kotim sebagai upaya normalisasi sungai mencegah banjir.

KLIK.SAMPIT- Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (PUPRPRKP) Kabupaten Kotawaringin Timur terus melakukan normalisasi sungai dengan melakukan pengerukan. 

Hal tersebut dilakukan agar dapat berfungsi dengan baik di musim hujan dan mengurangi dampak banjir.

"Pengerukan ini bertujuan untuk menormalisasi daerah aliran sungai agar dapat berfungsi dengan baik apalagi sekarang hujan sudah mulai terjadi," kata Pengawas Teknis Jalan dan Jembatan Dinas PUPRPRKP Kotim, Suhardiono, Jumat (27/10).

Menurutnya, pengerukan ini akan dilakukan di beberapa tempat di wilayah aliran sungai yang menjadi penyebab banjir. Khususnya apabila ada debit air naik saat terjadi hujan deras.

Suhardiono mengakui, normalisasi kali ini dilakukan secara manual dengan pekerja lapangan turun nyebur membersihkan gulma yang menghambat saluran air kemudian diangkut menggunakan bantuan alat berat ke dalam truk.

"Hujan beberapa hari ini selalu menimbulkan genangan banjir yang meluap hingga jalan karena tak lancar drainase. Kita mengambil tindakan cepat untuk mengantisipasi untuk pengangkutan gulma lebih dulu,” ujarnya.

Pihaknya juga menyebut dalam pengerukan ini mereka mengerjakan pembersihan saluran drainase di Sungai Mentawa dan juga membersihkan Sungai Baamang.

"Dua hari ini kami mengerjakan pembersihan saluran drainase di Sungai Mentawa Jalan HM Arsyad yang dipenuhi rumput gulma," ujarnya. 

Selain itu pihaknya juga akan menormalisasi drainase di sepanjang saluran Sungai Baamang.

"Untuk normalisasi Sungai Baamang kemungkinan pekan depan dilanjutkan dari saluran drainase di Jalan Bumi Raya sampai Puskesmas Baamang II, setelah selesai baru dilakukan di tempat lainnya," pungkas dia. (KLIK-RED)

Baca Juga

Ikuti Kami