Home Peristiwa Kebakaran Lagi di Samuda, Bangunan Tak Berpenghuni Ludes Jadi Arang

Kebakaran Lagi di Samuda, Bangunan Tak Berpenghuni Ludes Jadi Arang

  Muhamad Oktavianto   | Senin , 16 Oktober 2023
7cb94410db76103abad54db7308bf860.jpg
Petugas dan warga saat berusaha memadamkan api yang membakar bangunan di Samuda, Kecamatan Mentaya Hilir Selatan, Senin dini hari (16/10).

KLIK.SAMPIT - Kebakaran bangunan kembali terjadi di Desa Basirih Hilit, Kecamatan Mentaya Hilir Selatan, Kabupaten Kotawaringin Timur, Senin dini hari (16/10). 

Kali ini sebuah bangunan tak berpenghuni milik Ubai ludes jadi arang. Diduga kebakaran tersebut karena Korsleting listrik. 

Insiden tersebut terjadi sekitar jam 02.10 dini hari. Saat itu warga yang beristirahat dibuat geger dengan adanya bangunan yang hangus terbakar.

"Saat itu saya sedang jaga malam. Melihat kobaran api di rumah kosong itu saya langsung bergegas membangunkan warga lainnya dengan berteriak," ungkap Idris, warga setempat, Senin (16/10).

Sementara itu Kepala Seksi Kasi Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kotim Heri Wahyudi mengatakan, pihaknya mendapatkan informasi dari masyarakat bahwa telah terjadi kebakaran sebuah bangunan pada waktu itu.

"Kami dapat informasi adanya bangunan yang terbakar. Dari laporan itu petugas langsung bergegas menuju lokasi bangunan yang dikabarkan terbakar," kata Heri. 

Informasi dihimpun terdapat satu unit armada Pemadam Kebakaran, Masyarakat Peduli Api (MPA), serta masyarakat setempat yang ikut membantu memadamkan api dengan menggunakan mesin penyedot air.

Rumah dengan konstruksi kayu yang dalam keadaan kosong karena tidak ditempati oleh Ubai dan keluarga menjadi tak terpantau. Adanya arus pendek listrik diduga menjadi penyebab terjadinya kebakaran tersebut. 

"Dugaan api berasal dari arus pendek listrik. Dan rumah itu selian tak berpenghuni bangunan nya juga terbuat dari kayu," ujarnya.

Api berhasil dipadamkan kurang lebih dalam kurun waktu satu jam. Semasa itu rumah dengan kontruksi tersebut hanya menyisakan puing-puing bara api saja. (KLIK-RED)

Baca Juga

Ikuti Kami