Home Peristiwa Peralatan Pemadaman Karhutla MPA Baamang Barat Digasak Maling

Peralatan Pemadaman Karhutla MPA Baamang Barat Digasak Maling

  Sugianto   | Rabu , 11 Oktober 2023
c187f30d85e9f814e346fedeeb01a796.jpg
Tim MPA Baamang Barat saat berupaya memadamkan api.

KLIK.SAMPIT- Sejumlah peralatan pemadam kebakaran hutan dan lahan milik Masyarakat Peduli Api (MPA) Kelurahan Baamang Barat, Kecamatan Baamang, ludes digasak maling, Selasa (10/10).

"Benar, tangki penampung air besar dan penampung air kecil milik kami hilang dicuri oleh orang yang tidak bertanggung jawab," ucap Ketua MPA Kelurahan Baamang Barat, Wahyudi, Rabu (11/10). 

Adapun sejumlah peralatan yang dicuri oleh pelaku yaitu tangki penampung air besar dan penampung air kecil. 

Wahyudi mengakui peralatan tersebut disimoan pihaknya di sekitaran Jalan Bumi Raya, Kelurahan Baamang Barat, Kecamatan Baamang, Kabupaten Kotawaringin Timur.

"Perkiraan kami hilangnya pada Selasa (10/10) sekitar pukul 04.00 dini hari. Karena pada tengah malamnya kami melakukan patroli di lokasi, barang-barang tersebut masih ada dan utuh," ujarnya.

Wahyudi sangat menyangkan aksi pencurian ini. Sebab, barang tersebut sangat penting untuk operasional mereka dalam mencegah dan penanggulang Karhutla di Baamang Barat dan sekitarnya.

"Tangki besar dan penampung air kecil tersebut sangat berguna bagi kami, misalnya untuk suplai air terutama di lokasi yang jauh. Hilangnya barang tersebut tentu mengakibatkan kami kurang optimal di lapangan," kata imbuhnya.

Pihaknya pun menduga, pelaku tidak hanya seorang diri, namun dilakukan beberapa orang dengan membawa kendaraan seperti pikap atau kendaraan besar lainnya.

"Kalau dilihat, dengan bobot tangki yang cukup besar maling ini kami menduga menggunakan mobik pikap saat beraksi, karena tidak akan mungkin diangkut menggunakan motor atau digotong," bebernya.

Wahyudi berharap bagi masyarakat yang mengetahui atau mencurigai adanya barang tersebut, tolong bisa menghubungi pihak kepolisian ataupun pihaknya, sehingga dapat ditindaklajuti. (KLIK-RED)

Baca Juga

Ikuti Kami