Home Pemerintah Kotawaringin Timur Ikhtiar Meminta Hujan untuk Redam Karhutla di Kotim

Ikhtiar Meminta Hujan untuk Redam Karhutla di Kotim

  Sugianto   | Selasa , 03 Oktober 2023
a4cee011616b9150b62fad94fa072afe.jpg
Bupati Kotim Halikinnor saat mengikuti salat istiska di halaman Kantor Bupati Kotim, Selasa (3/10).

KLIK.SAMPIT- Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur bersama Kepolisian Resor Kotawaringin Timur menggelar salat istiska atau salat memohon hujan di halaman kantor bupati Kotim, Selasa pagi (3/10).

Ikhtiar ini dilakukan selain pencegahan dan pemadaman dengan harapan dapar meredam karhutla yang kian menggila di daerah itu. 

"Pada saat ini kita merasakan kabut asap yang terjadi karena kebakaran lahan, hari ini kita bersama- sama melaksanakan salat istiska," ucap Halikin.

Adapun salat istiska ini digelar di halaman Kantor Bupati Kotim diikuti oleh ratusan jemaah, para tokoh agama serta pegawai yang terdiri dari berbagai perangkat daerah, pelajar, dan personel TNI/Polri. 

Salat istiska dipimpin oleh Ustaz Malik Ashari Hafizullah. Para jemaah tampak khusyuk melaksanakan salat sunah dua rakaat itu. Begitu pula saat khatib menyampaikan tausiah terkait permohohan hujan, jemaah tampak larut dalam mawas diri serta meminta ampunan kepada Allah. Seraya berdoa agar Kabupaten Kotawaringin Timur dirahmati dengan turunnya hujan yang banyak dan mampu mengatasi karhutla.

"Ini dilaksanakan sesuai syariat, agar diturunkan hujan di tengah panasnya cuaca akibat el nino yang tengah melanda sejumlah wilayah di Indonesia, termasuk daerah kita," ujarnya.

Halikin menambahkan, selain karhutla dan kabut asap, dampak lain yang ditimbul akibat kemarau menyebabkan tidak produktifnya lahan pertanian akibat kekurangan pasokan air. 

"Bayangkan beberapa bulan terakhir di Kotim sebulan ini tidak ada hujan sama sekali. Kita berharap melalui doa-doa yang kita panjatkan pagi ini, akan dikabulkan Allah SWT," pungkas Halikinnor. (KLIK-RED)

Baca Juga

Ikuti Kami