Home News Metropolis Laporan Kemunculan Buaya Semakin Sering, BKSDA Imbau Masyarakat untuk Meningkatkan Kewaspadaan

Laporan Kemunculan Buaya Semakin Sering, BKSDA Imbau Masyarakat untuk Meningkatkan Kewaspadaan

  Sugianto   | Jumat , 15 September 2023
8ef62d1a04acbf9efeb0f64a18e69ebb.jpg
Komandan BKSDA Pos Jaga Sampit Muriansyah saat memasang papan peringatan keberadaan buaya di Sungai Mentawa beberapa waktu lalu.

KLIK.SAMPIT-Dalam beberapa hari terakhir laporan kemunculan buaya di perairan Dungai Mentaya dan anak sungai di sekitarnya semakin sering. Balai Konservasi Sumber Daya Alam Pos Jaga Sampit pun mengimbau agar masyarakat meningkatkan kewaspadaan. 

Komandan BKSDA Pos Jaga Sampit Muriansyah mengungkap kan dalam 4 hari belakangan ini pihaknya mendapatkan 3 laporan kemunculan buaya.

Di antaranya adalah di sekitar perairan Desa Terantang, Kecamatan Seranau dan di Sungai Cempaga. 

"2 laporan dari warga Desa Terantang dan 1 dari warga Kecamatan Cempaga," ungkapnya, Jumat (15 /9).

Pihaknya pun mengimbau masyarakat agar berhati- hati dalam beraktivitas di dekat sungaim Terutama saar malam hari. Pasalnya di malam hari buaya akan lebih buas dan akan sering mencari mangsanya. 

"Kami meminta warga agar berhati- hati dan selalu waspada saat beraktivitas di dekat sungai, terutama di malam hari," katanya.

Terkait upaya BKSDA untuk mengamankan buaya itu, Muriansyah menegaskan, setiap laporan waega pihaknya selalu melakukan observasi dan memperingatkan agar warga sekitar meningkatkan kewaspadaan. 

"Kemunculan buaya ini, akan terus kami pantau," ucapnya. 

Muriansyah mengakui, upaya penangkapan buaya ini cukup sulit. Apalagi kemunculan buaya tersebut berada di sungai besar yakni Sungai Mentaya.

"Sulit karena kemunculan buaya tersebut di sungai besar," ujarnya.

Selama ini untuk lingkup yang lebih kecil BKSDA bersama instansi terkait juga kerap berupaya untuk menangkap buaya. Seperti yang dilakukan di Sungai Mentawa (anak Sungai Mentaya) namun juga sering gagal.

"Tapi akan terus kami pantau, yang jelas saat ini hendaknya warga harus berhati-hati saat berakivitas dekat dengan sungai, sebab sangat berisiko dan berbahaya," katanya. (KLIK-RED)

Baca Juga

Ikuti Kami