Home Pemerintah Kotawaringin Timur Bupati Kotim Minta Camat hingga Lurah Cegah Karhutla

Bupati Kotim Minta Camat hingga Lurah Cegah Karhutla

  Sugianto   | Selasa , 05 September 2023
99189cd6a4df46ed363bbd6815432487.jpg
Bupati Kotawaringin Timur, Halikinnor.

KLIK.SAMPIT- Bupati Kotawaringin Timur Halikinnor meminta camat hingga lurah dan kepala desa setempat untuk terus mencegah kebakaran hutan dan lahan. Salah satunya lewat sosialisasi yang gencar kepada masyarakat pemilik lahan. 

Hal itu dilakukan agar para pemilik lahan agar bisa menjaga dan merawat lahannya dan mencegah agar tidak terjadi karhutla.

"Kemarin kita sudah minta pihak kecamatan, kelurahan dan desa untuk melakukan sosialisasi pencegahan Karhutla ini," ucap Halikinnor, Senin (4/9).

Halikinnor mengakui memang sampai dengan saat ini upaya dalam sosialisasi pencegahan karhutla ini masih belum maksimal. Salah satu upaya yang dilaksanakan untuk itu ia juga minta camat dan lurah untuk mendata pemilik lahan yang lahannya telah terbakar.

"Kita ingin mengingatkan mereka, memang ada kuasa mereka atas lahan dengan kepemilikan sertifikat. Namun mereka juga mempunyai kewajiban untuk melakukan perawatan terhadap lahan agar tidak menyebabkan kebakaran hutan dan lahan apalagi sampai menyebar ke permukiman warga," ujarnya.

Halikinnor menambahkan, sampai dengan saat ini aparat penegak hukum yaitu kepolisian masih terus melakukan pemantauan. Jika ditemukan adanya oknum pembakar lahan maka itu akan diproses.

"Itu aparat akan tetap bersiap memantau apabila ada pembakaran lahan yang ilegal atau sengaja. Walau api kecil sekalipun, maka itu akan diproses," tegas Halikinnor. (KLIK-RED)

Baca Juga

Ikuti Kami