Home Peristiwa Kebakaran Lahan Melanda Kawasan Pertanian di Sampit, Diduga Sengaja Dibakar

Kebakaran Lahan Melanda Kawasan Pertanian di Sampit, Diduga Sengaja Dibakar

  Muhamad Oktavianto   | Minggu , 20 Agustus 2023
6311dd958fc41041b56242e76fd3ba55.jpg
Petugas pemadam kebakaran berusaha memadamkan api di lahan dekat perumahan dan pertanian warga di Jalan Rambutan, Kecamatan Mentawa Baru Ketapang, Sabtu (19/8).

KLIK.SAMPIT - Sebuah lahan dekat areal pertanian dan juga perumahan warga di Jalan Rambutan, Kelurahan Mentawa Baru Hulu, Kecamatan Mentawa Baru Ketapang, terbakar, Sabtu (19/8). Lahan yang merupakan semak ini diduga sengaja di bakar oleh oknum warga.

Sandi salah seorang warga yang kebetulan lewat melihat asap dari lokasi tersebut dan saat mendatangi lokasi itu dia melihat kobaran api sudah sangat besar.

"Kebetulan lewat dan saya lihat ada kepulan asap, lalu saya datangi dan ternyata ada kebakaran lahan," kata Sandi.

Melihat kobaran api di lahan yang telah terbakar itu, Sandi langsung memanggil warga sekitar memberitahukan kalau lahan di dekat permukiman dan pertanian mereka telah terbakar.

"Saya berusaha mengabari warga setempat dan juga sempat menghubungi lembaga swadaya Ketapi Tiga, dan mungkin mereka yang telah menghubungi pihak pemadam kebakaran," ungkapnya.

Sementara itu, Tamar seorang warga sekitar mengatakan kalau api tersebut mereka lihat sekitar pukul 02.30.

"Saat itu kami melihat api sudah menyala dengan besar," ujar Tamar.

Terpisah menurut keterangan Subairi seorang petani yang memiliki lahan yang bersebelahan dengan lahan yang terbakar, lahan tersebut sengaja dibakar oleh seseorang setelah orang tersebut memanen buah kelapa sawit di sekitar lokasi.

"Kemarin dia memanen kelapa sawit dan langsung membakar. Kami sudah menegurnya tapi keliatannya dia itu tetap ngeyel," imbuhnya.

Sambung Subairi kalau sampai saat ini pemilik tanah tersebut belum terlihat sampai kebakaran itu terjadi.

Sementara itu selain petugas pemadam kebakaran dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah, kebakaran juga ditangani dengan helikopter pembom air. Hingga akhirnya api dapat dipadamkan. (KLIK-RED)

Baca Juga

Ikuti Kami