Home Pemerintah Kotawaringin Timur Bupati Ingatkan Waspadai Puncak Musim Panas

Bupati Ingatkan Waspadai Puncak Musim Panas

  Sugianto   | Rabu , 05 Juli 2023
8f63445ff34d959e5883caaedbd8b250.jpg
Bupati Kotim Halikinnor bersama jajaran saat berfoto bersama dengan MPA Ketapang.

KLIK.SAMPIT - Bupati Kotawaringin Timur (Kotim) Halikinnor, terus mengingatkan masyarakat setempat untuk waspada Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang kerap menghantui wilayah tersebut membuat pemerintah setempat memberikan status siaga karhutla.

"Berdasarkan ramalan BMKG, bahwa bulan ini panas. Tapi Alhamdulillah beberapa hari ini hujan turun. Ini tetap kita berlakukan status siaga,” ucap Halikin, rabu (5/7).

Ia mengatakan, kewaspadaan harus tetap disiagakan selama musim panas melanda. Hal itu karena api bisa saja muncul tanpa mengenal waktu. Terlebih lagi Kabupaten Kotim yang bertanah gambut, membuat api bisa dengan cepat menjalar saat dalam kondisi kering.

“Kita ini tanahnya gambut dan kita tidak tahu kapan api muncul. Jadi kalau satu minggu saja kering maka api bisa dengan mudah menyala,”ungkapnya.

Lanjutnya, kewaspadaan seperti ini sangat penting. Mengingat jika api sudah terlalu besar melahap lahan, maka akan sangat susah untuk memadamkannya. Karena luas wilayah yang luas serta medan di lapangan yang sulit. Sehingga, dengan adanya kewaspadaan ini diharapkan dapat meminimalisir musibah karhutla yang menimbulkan kabut asap pada beberapa tahun lalu terjadi.

“Siaga ini kapanpun jika ada muncul titik spot api, maka cepat dipadamkan. Sehingga tidak menjadi besar. Karena jika sudah terlanjur besar, hanya Allah yang bisa memadamkannya,” tegasnya.

Ia mengapresiasi dengan keberadaan pos lapangan (Poslap) yang ada. Karena bisa dengan cepat bergerak jika ada terdeteksi titik api. Sehingga karhutla bisa diminimalisir dengan cepat.

"Saya apresiasi sekali ini. Karena kita bisa cepat bergerak jika ada titik api,” pungkas Halikin. (KLIK-RED) 

Baca Juga

Ikuti Kami