Home Pemerintah Kotawaringin Timur Bisa Beroperasi di Darat dan di Air, Segini Harga Ekskavator Amfibi yang Dibeli Pemkab Kotim

Bisa Beroperasi di Darat dan di Air, Segini Harga Ekskavator Amfibi yang Dibeli Pemkab Kotim

  Sugianto   | Jumat , 30 Juni 2023
aff901e03e2a2fa656ee3a69264bb718.jpg
Uji coba alat berat amfibi di Sungai Pamuatan, Kecamatan Baamang, Jumat (30 /6).

KLIK.SAMPIT- Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur berkomitmen untuk mewujudkan Kota Sampit yang bebas banjir, terang dan bersih. 

Salah satunya upayanya dengan menggelontorkan anggaran hingga Rp 5,3 miliar untuk pengadaan alat berat ekskavator amfibi. 

"Alhamdulillah sebagai upaya komitmen dan keseriusan pemerintah daerah, kita lakukan pengadaan alat berat ini untuk masyarakat," ucap Halikinnor, Jumat (30/6). 

Adapun harga alat berat berat tersebut disampaikan Bupati kotim Halikinnor yakni sebesar Rp 5,3 miliar, artinya lebih mahal daripada harga ekskavator biasa yang berkisar Rp 1,5 miliar.

"Nah harga ini 3 kali lipat, bahkan lebih daripada harga ekskavator biasa, karena keistimewaan alat berat ini bisa di darat dan di air" ujarnya.

Ia menambahkan alat berat tersebut sementara waktu akan difokuskan di area perkotaan. Pasalnya banyak permukiman sering tergenang air saat musim hujan. 

Kendati demikian tidak menutup memungkinkan kecamatan lain pun bisa menggunakan alat berat tersebut.

"Kalau sudah selesai dikerjakan area perkotaan dan bagus hasilnya, arus sungai lancar, pemukiman tidak tergenang lagi. nantinya kecamatan manapun yang mau pakai alat berat ini bisa, ini kan milik Kotim," imbuhnya.

Sebelumnya Bupati Kotim Halikinnor telah merealisasikan pengadaan ekskavator kepada 17 kecamatan se- Kotim.

"Makanya prioritas kita kemaren adalah pengadaan alat berat di setiap kecamatan itu alhamdulillah sudah terwujud, dan ini untuk alat berat amfibi juga terwujud," pungkas Halikin. (KLIK-RED)

Baca Juga

Ikuti Kami