Home Pemerintah Kotawaringin Timur Berharap Pemuda di Kotim Berperan dalam Pembangunan Desa

Berharap Pemuda di Kotim Berperan dalam Pembangunan Desa

  Sugianto   | Kamis , 22 Juni 2023
9d9132997e558bc1d32a666dd53b5a2d.jpg
Wakil Bupati Kotim Irawati (tengah) berfoto bersama usai membuka sosialisasi peningkatan peran serta generasi muda desa dan hak politik dalam ketahanan masyarakat, Kamis (22/6).

KLIK.SAMPIT- Wakil Bupati Kotawaringin Timur Irawati berharap, peran serta pemuda dalam meningkatkan pembangunan desa. Serta, dalam menggunakan hak politik untuk mewujudkan ketahanan masyarakat desa.

Hal tersebut disampaikan saat membuka sosialisasi peningkatan peran serta generasi muda desa dan hak politik dalam ketahanan masyarakat.

"Alhamdulillah kita bisa menggelar sosialisasi peningkatan peran serta generasi muda desa dan hak politik dalam ketahanan masyarakat ini," ucap Irawati, Kamis (22/6).

Ia menyebut partisipasi masyarakat khususnya pemuda sangat penting. Pasalnya kelompok pemuda merupakan orang- orang penggerak sebagai pemantik masyarakat desa untuk berkerjasama dalam membangun desa.

Salah satu kelompok masyarakat yang mengambil perak sebagai penggerak yakni pemuda.

"Kelompok pemuda digambarkan sebagai generasi yang memiliki semangat juang tinggi, pemikiran yang kritis dan berwawasan. Itu kelompok pemuda harus diberi ruang agar dapat berkontribusi dalam pembangunan desa," sebutnya.

Ia menambahkan, dalam pembangunan desa tersebut peran pemuda dapat dilibatkan dalam penyusunan rencana pembangunan desa atau masterplan desa.

"Masterplan desa ini merupakan dokumen perencanaan jangka panjang sebagai pedoman rencana membangun desa dan mendorong rencana antar desa yang termuat di RPJMDes (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa)," katanya.

Ia berharap adanya peran aktif pemuda dapat lebih meningkatkan kemajuan dan pembangunan desa. Baik peran dalam pembangunan desa serta hak politik dalam ketahanan masyarakat. (KLIK-RED)

Baca Juga

Ikuti Kami