Home News Metropolis Warga Kotim Dingatkan Jangan Bakar Lahan

Warga Kotim Dingatkan Jangan Bakar Lahan

  Sugianto   | Minggu , 18 Juni 2023
27e4e613907db91853794e99199c83ae.jpg
Sejumlah petugas Disdamkarmat memadamkan api di salah satu lahan Jalam Wengga Metropolitan, Baamang Tengah, Kecamatan Baamang, Sampit.

KLIK.SAMPIT- Kebakaran hutan dan lahan kian mengancam Kotawaringin Timur beberapa waktu terakhir. Salah satunya , seperti yang terjadi di Jalan Wengga metropolitan, Kelurahan Baamang Tengah , Kecamatan Baamang. 

Sejumlah petugas dari Dinas Pemadam Kebakaran dam Penyelamatan (Disdamkarmat) Kotawaringin Timur berupaya memadamkan Karhutla tersebut, Sabtu (17/6).

"Evakuasi ini bermula saat kami mendapat laporan dari warga yang melihat adanya titik api dan berhasil dapat kami padamkan," ucap Kepala Disdamkarmat Kotim Hawiawan, Sabtu (17/6).

Ia menyebut, kebakaran lahan tersebut terjadi sekitar pukul 16.30 WIB. Helmiansyah salah seroang warga yang melaporkan mengatakan, angin yang cukup kencang serta cuaca yang cukup panas. Warga khawatir api terus membesar hingga menjalar kelahan yang lainnya serta ke permukiman. 

"Kami khawatir api nya membesar hingga menjalar ke permukiman rumah warga, karena saat itu cuaca memang sangat panas" ujarnya.

Ia menambahkan evakuasi pemadaman karhutla tersebut dilakukan pihaknya dengan mengerahkan pasukan sebanyak 5 personel dan juga dibantu sejumlah warga setempat.

"Sekitar pukul 17.00 api ini berhasil kami padamkan, dan tidak menjalar ke lahan lainnya maupun ke permukiman warga," bebernya.

Ia berharap kepada masyarakat yang memiliki lahan di wilayah tersebut agar tidak memanfaatkan musim panas ini untuk membuka lahan dengan cara di bakar. Pasalnya hal tersebut tentunya sangat berbahaya dan berdampak negatif bagi masyarakat maupun daerah ini. Terutama jika terjadi kabut asap atau hal lainnya.

"Mari kita sama-sama menjaga lahan kita agar tidak terbakar. Kalau bisa segera dibersihkan semak belukar di lahan tersebut dengan cara lainnya selain dibakar," harapnya. 

Ia pun mengimbau masyarakat untuk waspada dan tidak ragu untuk melapor kepada petugas Disdamkarmat apabila di lingkungannya ada kebakaran di rumahnya ada gangguan ular, lebah atau lainnya bisa langsung menghubungi pihaknya. 

"Kami mengimbau kepada masyarakat apabila di lingkungannya atau di rumahnya selain ada kebakaran, ada gangguan ular, lebah atau lainnya. kita siap mengevakuasi tanpa adanya pungutan biaya," pungkas Hawianan (klik.red)

Berikut sejumlah nomor penting Disdamkarmat

- Emergency Call : (0531) 21001

- WhatsApp : 0821-2268-3747/ 0895-3329-12929

- Instagram : sampit_fire_and_rescue 

- Facebook : Disdamkarmat Kabupaten Kotawaringin Timur. (KLIK-RED)

Baca Juga

Ikuti Kami