Home Pemerintah Kotawaringin Timur Bupati Kotim Bantu Pembangunan Pondok Pesantren dan Masjid di Wilayah Selatan

Bupati Kotim Bantu Pembangunan Pondok Pesantren dan Masjid di Wilayah Selatan

  Sugianto   | Sabtu , 17 Juni 2023
1e421a2322f1ef776e01cb7beefc46d9.jpg
Bupati Kotim Halikinnor menyerahkan bantuan untuk Pondok Pesantren Darul Falah Samuda, Sabtu (17/6).

KLIK.SAMPIT - Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur, berupaya memerhatikan pembangunan di daerah itu. Tak terkecuali pembangunan di wilayah Selatan kabupaten itu.

Bupati Kotawaringin Timur Halikinnor mengunjungi dan memberikan bantuan sebesar Rp 150 juta untuk pembangunan Pondok Pesantren Darul Falah di Kelurahan Basirih Hilir, Kecamatan Mentaya Hilir Selatan, Sabtu (17/6).

"Ini bentuk kepedulian kami terhadap pondok pesantren. Sebab, selama ini pondok pesantren banyak membantu pemerintah daerah dalam mendidik generasi penerus. Maupun menyediakan sarana dan prasarana pendidikan," ungkap Halikinnor. 

Selain Pondok Pesantren Darul Falah, juga diberikan bantuan untuk Masjid Darul Muttaqin, Desa Jaya Karet, Kecamatan Mentaya Hilir Selatan, dengan besaran bantuan Rp 150 juta.

Menurut Halikinnor, membangun sebuah pendidikan yang berbasis keagamaan dalam membangun spritual yang kuat dan benteng agama yang kuat begitu penting. Pihaknya mendorong semua pihak yang berkecimpung dalam dunia pendidikan termasuk pesantren dengan program aksi yang nyata.

"Karena kita menyadari, kalaulah daerah ini tidak dibentengi dengan agama, dikhawatirkan kita akan terpengaruh budaya-budaya yang tidak baik dari luar,” ujarnya.

Ia berpesan ke kalangan santri agar tampil terdepan dalam menjawab permasalahan umat. Pasalnya, jika tidak ada Pondok Pesantren, maka dikuatirkan umat akan semakin jauh dari tuntunan agama Islam yang baik dan benar.

"Kita harapkan kepada adik-adik santri di pondok pesantren, agar selalu belajar dengan baik. Apabila tidak tahu dalam sebuah persoalan disela belajar, jangan malu untuk bertanya agar ke depan bisa menjadi cendikiawan Muslim di masa mendatang,” harapnya.

Selain menyerahkan bantuan, Ia pun berencana untuk meningkatkan akses jalan menuju Pondok Pesantren Darul Falah tersebut pada tahun 2024 mendatang agar akses jalan tersebut bisa lebih mudah dilalui.

"Mudah- mudahan tahun depan kita akan berusaha menganggarkan untuk perbaikan jalan menuju pondok pesantren ini. Minimal melakukan pemeliharaan jalan dengan menggunakan agregat, agar perjalanan menuju pondok pesantren ini lebih lancar," pungkas Halikinnor. (KLIK-RED)

Baca Juga

Ikuti Kami