Home Pemerintah Kotawaringin Timur Berharap Semua Pihak Lebih Menghormati, Merawat dan Meningkatkan Kualitas Hidup Lansia

Berharap Semua Pihak Lebih Menghormati, Merawat dan Meningkatkan Kualitas Hidup Lansia

  Sugianto   | Selasa , 13 Juni 2023
9e6ec841182f32274935ea5b5e8d9859.jpg
Bupati Kotim Halikinnor berfoto bersama di sela peringatan hari lanjut usia nasional ke - 27 Kotim 2023.

KLIK.SAMPIT- Bupati Kotawaringin Timur, Halikinnor berharap kepada masyarakat di daerah itu untuk lebih menghormati dan merawat para lanjut usia (lansia) yang ada di sekitar. 

Hal itu disampaikan Halikinnor saat momentum peringatan hari lanjut usia ke -27. 

"Alhamdulillah hari ini kita bisa melangkahkan kaki menghadiri acara peringatan hari lansia ke -27 di Bumi Habaring Hurung tercinta ini," ucap Halikinnor, Selasa (13/6)

Ia menyebut, kegiatan tersebut bertujuan untuk mengapresiasi semangat jiwa, peranan penting dan strategis oleh para penduduk lansia.

"Jadi hari lansia ini dibuat dalam rangka mengenang dan menghormati serta menghargai para orang tua kita," ujarnya.

Lanjutnya, perhatian pemerintah terhadap lansia tersebut ditandai dengan Peraturan Presiden nomor 88 tahun 2021 tentang strategi nasional lanjut usia. 

Berdasarkan data bahwa daerah tersebut angka harapan hidup masyarakat yakni 69, 85 tahun.

"Jadi bila di antara kita ada yang berumur 70 tahun patut kita syukuri. Ini membuktikan bahwa tingkat kesehatan masyarakat kita juga cukup baik," tandasnya.

Ia pun menambahkan pihaknya menyadari pada umumnya terdapat permasalahan yang dialami para lansia tersebut seperti mengalami hambatan untuk melakukan komunikasi terhadap lingkungan. Sehingga lansia tersebut sebagai pihak inferior atau bermutu rendah.

"Saya rasa para lansia ini masih memiliki kemampuan untuk memberikan pemikiran- pemikiran yang positif dalam pembangunan," tandasnya.

Ia pun berharap peran serta semua pihak baik pemerintah maupun keluarga sebagai unit terkecil dalam masyarakat, perlu terus mengusahakan agar para lansia tersebut memiliki kesehatan yang terawat dengan baik.

"Mari kita bersama- sama menjaga kualitas hidup lansia. Kita sebagai keluarga harus merawat dengan baik lansia ini. Misalnya diberikan kesibukan yang menunjang aktivitas motorik dan juga bisa aktif dari segi sosial dan keagamaan," demikian Halikin. (KLIK-RED)

Baca Juga

Ikuti Kami