Home News Metropolis Pabrik Pengolahan Kelapa di Samuda Diharapkan Dapat Meningkatkan Perekonomian Masyarakat Kotim

Pabrik Pengolahan Kelapa di Samuda Diharapkan Dapat Meningkatkan Perekonomian Masyarakat Kotim

  Sugianto   | Sabtu , 20 Mei 2023
414c5eb2019a583bf6cdd5c735e12878.jpg
Asisten II Bidang Administrasi Perekonomian dan Pembangunan Kotim, Alang Arianto saat membuka dengan Resmi PT Coco Samuda Indonesia.

KLIK.SAMPIT- Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur menyambut baik beroperasinya PT Samuda Coco Indonesia di Mentaya Hilir Selatan. 

Keberadaan pabrik pengolahan kelapa ini diharapkan mampu meningkatkan perekonomian masyarakat di Kabupaten Kotawaringin Timur. 

Hal tersebut sampaikan Assisten II, Alang arianto saat meresmikan PT Coco Samuda Indonesia di Kotim.

 "Pemkab Kotim menyambut baik beroperasinya PT Samuda Coco Indonesia," ucap Alang Arianto, Jumat (19/5). 

Alang menjelaskan Kotim khususnya di Wilayah Kecamatan Mentaya Hilir Selatan dan sekitarnya, merupakan sentra penghasil kelapa. be Berdasarkan data tahun 2022 luas Tanaman Menghasilkan (TM) kelapa di Wilayah Kotim seluas kurang lebih 15.349 hektare dan produksi buah kelapa kurang lebih 11.000 ton per tahun. Adapun sasaran pemasaran produksi kelapa dari wilayah Selatan ini, dipasarkan ke wilayah Kalimantan dan sekitarnya serta ke wilayah Pulau Jawa melalui jalur darat maupun jalur laut.

"Saya kira selama ini yang dipasarkan oleh petani dan penampung hanya buah kelapa saja. namun belum diolah menjadi sebuah produk. Sehingga secara ekonomis nilai buah kelapa para petani tersebut masih relatif kecil," paparnya.

Ia berharap dengan kehadiran PT Samuda Coco Indonesia ini dapat ikut membantu petani kelapa dalam untuk meningkatkan produksi dan kualitas buah kelapa secara berkelanjutan.

"Semoga dengan diresmikannya PT Samuda Coco Indonesia dapat meningkatkan kesejahteraan petani kelapa serta meningkatkan perekonomian di Kotim secara berkelanjutan," demikian Alang. (KLIK-RED)

Baca Juga

Ikuti Kami