Home News Metropolis Siap-Siap! SMPN 1 Sampit Akan Buka PPDB, ini Ketentuannya

Siap-Siap! SMPN 1 Sampit Akan Buka PPDB, ini Ketentuannya

  Sugianto   | Selasa , 09 Mei 2023
b69f68fa6a54ef7db2ade4b569eeeec1.jpg
Kepala SMPN 1 Sampit Maspa Puluhulawa.

KLIK.SAMPIT - Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Sampit akan segera melaksanakan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB). PPDB akan dilaksanakan pada 19 - 20 Juni 2023 mendatang.

"PPDB tahun ini akan sama seperti tahun lalu, kali ini akan menerapkan sistem online maupun offline," ucap Kepala SMPN 1 Sampit Maspa Puluhulawa, Selasa (9/5)

Maspa mengatakan, pihaknya akan mengacu pada Peraturan Menteri Pendidikan, kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia No.1 Tahun 2021 tentang PPDB, dan Peraturan Bupati Kotim No.30 tahun 2019 tentang PPDB.

PPDB SMPN 1 Sampit tahun ini dialokasikan sebanyak 9 rombongan belajar (rombel), dengan total penerimaan siswa sebanyak maksimal 324 orang.

"Nantinya tautan PPDB tersebut akan kami umumkan di papan pengumuman (spanduk) dan bisa digunakan pada hari H," sambungnya.

Ada beberapa sistem yang akan digunakan pada PPDB yang sebentar lagi akan dibuka, yaitu :

1. Zonasi (jarak rumah ke sekolah)

Kuota: 50 persen

2. Afirmasi (bagi siswa miskin pemilik kartu PIP atau kartu PKH)

Kuota: 15 persen

3. Perpindahan tugas orang tua

Kuota: 5 persen 

4. Prestasi (syarat harus juara lomba-lomba tingkat kabupaten/provinsi/ nasioanal/internasional)

Kuota: 30 persen.

Lebih lanjut Maspa mengatakan, tahapan PPDB online ini cukup mudah, hanya dengan memanfaatkan handphone android atau gawai lainnya yang terhubung internet. Mempersiapkan kartu keluarga asli untuk dikirim fotonya saat mengisi biodata, dan kartu PIP/kartu PKH apabila siswa daftar melalui jalur afirmasi.

" Silakan baca, lalu diikuti setiap tahapannya dengan benar dan cermat. Saya ucapkan selamat mendaftar di SMPN 1 Sampit," demikian Maspa. (KLIK.RED)

Baca Juga

Ikuti Kami