Home News Metropolis Sebagian Umat Muslim di Sampit Merayakan Idulfitri Hari ini

Sebagian Umat Muslim di Sampit Merayakan Idulfitri Hari ini

  Redaksi   | Jumat , 21 April 2023
3dbb2f8d75bc231a8f4c16a4e0e9104b.jpg
Suasana Salat Idulfitri di Komplek Perguruan Muhammadiyah Sampit, Jalan Achmad Yani, Sampit, Jumat (21/4).

KLIK.SAMPIT - Sebagian umat Muslim di Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur, merayakan Hari Raya Idulfitri 1444 Hijriah, hari ini (21/4). Sementara sebagian lainnya memilih merayakan besok harinya bersama ketetapan dari pemerintah. 

Salah satu tempat yang menggelar Salat Idulfitri adalah Komplek Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah Muhammadiyah Sampit di Jalan Achmad Yani Sampit. 

Semenjak pagi hari jemaah berdatangan hingga memadati halaman masjid dan sekitar areal komplek tersebut. 

"Kami sekeluarga memilih berhari raya hari ini," ungkap Heru Prasetyo, salah seorang jemaah. 

Sementara itu Khatib Salat Idulfitri di lokasi itu, Ustaz Wawan Hariyanto mengajak jemaah untuk berdoa agar setiap amalan yang dilakukan selama Ramadan diterima. Serta segala kelalaian beribadah selama Ramadan diampuni oleh Allah Subhanahu Wa Ta’ala. 

Dijelaskannya, Allah telah berjanji akan membalas segala amal perbuatan baik yang dilakukan selama Ramadan  

"Rasulullah SAW bersabda dalam hadits,' Barang siapa berpuasa Ramadhan dengan keimanan dan penuh pengharapan, maka akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu',“ kata Khatib mengutip Hadist Riwayat Bukhori Muslim.

Ia juga menjabarkan beberapa ciri-ciri orang beriman di antaranya bergetar hatinya ketika mendengar bacaan Alquran. Mampu menyadari bahwa semua manusia merupakan hamba Allah. 

"Selain itu bertawakal kepada Allah bukan kepada benda mati mauoun benda hidup lainnya. Selanjutnya mendidikan salat karena salat sejatinya kebutuhan kita bukan kebutuhan Allah," katanya. 

Setelah melaksanakan salat dan mendengarkan khotbah, jemaah pun bersalam-salaman. Kemudian pulang ke rumah mereka untuk merayakan kemenangan di hari yang fitri ini. (KLIK-RED)

Baca Juga

Ikuti Kami