Home News Metropolis Jelang Lebaran Remaja di Kecamatan Kota Besi Bersih-Bersih Masjid

Jelang Lebaran Remaja di Kecamatan Kota Besi Bersih-Bersih Masjid

  Sugianto   | Kamis , 20 April 2023
48fdd85ad11e5e8e98e71ee6f18f85c0.jpg
Aksi sejumlah remaja gotong royong membersih Masjid Darussalam Kecamatan Kota Besi.

KLIK.SAMPIT- Sejumlah pemuda yang tergabung di komunitas Remaja Kobes menggelar aksi bersih-bersih Masjid menjelang Hari Raya Idulfitri 1444 Hijriah.

Seperti yang dilakukan oleh para pemuda tersebut, salah satu masjid Nurul Yakin yang terletak di kecamatan Kota Besi, Kabupaten Kotawaringin Timur.

"Tradisi bersih-bersih ini sudah berlangsung setiap tahunnya pada saat bulan suci Ramadan dan menyambut lebaran, melibatkan masyarakat di sekitar dan remaja masjid," ucap Ketua Komunitas Remaja Kobes Sadikin, Rabu (19/4)

Sadikin mengatakan, bulan Ramadan adalah bulan yang suci, bulan yang diagungkan oleh setiap muslim terlebih menjelang lebaran.

Oleh karena itu, wajar jika warga menyambutnya dengan penuh kegembiraan, dengan melakukan bersih-bersih termasuk lingkungan masjid. 

"Karena dengan suasana masjid bersih dan rapi pelaksanaan ibadah menjadi lebih khusyuk serta nyaman," katanya.

Lanjutnya, kegiatan ini digelar di sejumlah masjid yang ada di wilayah tersebut, seperti Masjid Nurul Yakin, Masjid Darussalam, Masjid Al- fattah, dan Masjid Mawaddah Warahmah.

Kegiatan tersebut juga didukung oleh pemerintah kecamatan setempat dan Karang Taruna Kota Besi Hulu. 

Pembersihan ini meliputi hampir semua yang ada seperti lantai masjid, jendela, tempat wudu, pelataran masjid. 

"Hari ini kami bersih-bersih masjid menyambut lebaran dengan suka cita. Kami mengajak anak-anak di lingkungan masjid untuk menanamkan nilai kebersihan sebagian dari iman dan membiasakan hidup bersih," ajaknya.

Ia menambahkan, berbagai kegiatan yang telah dipersiapkan selama bulan suci Ramadan, terdiri dari salat tarawih, tadarus dan ceramah subuh untuk menambah ilmu pengetahuan terhadap agama Islam. Serta berbuka puasa bersama yang bertujuan untuk mempererat tali silaturahmi sesama warga.

"Tradisi gotong royong membersihkan masjid dilakukan bukan hanya pada saat menyambut bulan suci Ramadan dan menjelang lebaran saja, namun juga dilakukan setiap hari besar Islam seperti bulan maulid dan isra mikraj," demikian Sadikin. (KLIK.RED)

Baca Juga

Ikuti Kami