Home News Metropolis Malam Lebaran di Sampit Akan Diramaikan Pawai Takbiran Keliling

Malam Lebaran di Sampit Akan Diramaikan Pawai Takbiran Keliling

  Sugianto   | Rabu , 12 April 2023
5a0e70ef7c107dee3ca351d2f87fed06.jpg
PHBI Kotim saat rapat persiapan pawai takbir keliling di aula kantor bupati Kotim, Senin (10/4).

KLIK.SAMPIT- Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) akan menggelar pawai takbiran keliling saat malam Lebaran. Sementara paginya akan digelar salat Idulfitri berjemaah. 

Agenda tersebut ditetapkan melalui rapat PHBI Kotim di aula kantor bupati Kotim, Senin lalu (10/4). 

"Insya Allah pawai takbir keliling digelar malam usai salat isya. Sedangkan salat Idulfitri 1444 Hijriah akan dilaksanakan di Masjid Wahyu Al- Hadi Sampit," ucap Ketua Harian PHBI Kotim Asikin Arpan, Rabu (12/4).

Kendati demikian untuk hari pelaksanaannya masih menunggu keputusan pemerintah terlebih dahulu terkait penetapan 1 Syawal 1444 Hijriah. Sehingga perayaan hari besar tersebut bisa lebih meriah dari sebelum-sebelumnya. 

Pria yang juga masih aktif menjabat Sekretaris Komisi Penanggulangan Aids Kotim ini mengatakan, untuk Pawai Takbiran Keliling peserta harus mendaftarkan diri ke panitia pelaksana.

Masyarakat dilarang memeriahkan takbiran keliling dengan melakukan konvoi kendaraan roda empat dan roda dua di jalan raya. 

"Untuk kendaraan roda empat diharapkan menggunakan mobil hias dengan melakukan takbiran secara langsung tanpa menggunakan kaset atau alat lainnya," paparnya.

Ia juga menambahkan, peserta yang menggunakan mobil pikap juga terbatas dalam angkutan agar tertib dan aman pelaksanaannya.

"Untuk peserta mobil pikap maksimal mengangkut tujuh orang, dengan melakukan takbiran secara langsung tanpa menggunakan kaset atau alat lainnya," sambungnya.

Lanjutnya, untuk roda dua masih akan pihaknya rapatkan pada H-3. Sebab terkadang masyarakat ingin berpartisipasi ikut pawai walau pun hanya menggunakan kendaraan roda dua.

"Kita akan koordinasi dengan dinas perhubungan, satuan lalu lintas dan unsur lainnya. Sehingga kegiatan itu bisa berjalan lancar, aman dan tertib sesuai harapan," demikian Asikin.(KLIK.RED)

Baca Juga

Ikuti Kami