Home News Metropolis Korban Keracunan Kue Ipau di Kotim Sudah 84 Orang

Korban Keracunan Kue Ipau di Kotim Sudah 84 Orang

  Muhamad Oktavianto   | Senin , 03 April 2023
ff4ed02ba0b784d0d643431ce3b1c5c6.jpg
Korban keracunan massal saat mendapat perawatan di Rumah Sakit Umum Daerah dr Murjani Sampit.

KLIK.SAMPIT - Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) Umar Kaderi menyebutkan korban keracunan kue Ipau kembali bertambah. Jumlah yang awalnya 55 orang kini sudah menjadi 84 orang.

"Dari hasil perkembangan kasus diduga keracunan massal sampai saat ini sudah mencapai 84 orang," kata Umar Kaderi, Senin (3/4)

Dari 84 orang warga Sampit yang menjadi korban 1 orang meninggal dunia. 

"Dari 84 orang korban jenis kelamin korban keracunan dari laki-laki 33 orang perempuan 51 orang. Kemudian umur yang kurang dari 5 tahun ada 5 orang, di atas 5 tahun sebanyak 66 orang dan lansia 13 orang," jelasnya.

Dari daerah yang menderita di duga keracunan kue Ipau sebanyak 5 kecamatan yakni, Kecamatan Mentawa Baru Ketapang sebanyak 24 orang, Baamang 48 orang, Kecamatan Kota Besi ada 5 orang, Kecamatan Cempaga ada 3 orang dan Kecamatan Antang Kalang sebanyak 4 orang.

Saat ini pasien yang mendapat perawatan di Rumah Umum Daerah (RSUD) dr Sakit Murjani Sampit ada 25 orang dan saat ini masih ada 11 orang dirawat dan 21 orang dirawat di Puskesmas.

 “Sisanya dirawat di rumah. Alhamdulillah pasien sekarang kondisinya sudah baik. Kasus ini sudah bisa kendalikan,” imbuhnya.

Disampaikannya, berdasarkan hasil dari penyelidikan dipastikan bahwa kue mengandung bakteri yang menyebabkan keracunan. 

"Jadi dari 84 orang pasien keracunan ini saat dikonfirmasi oleh tim Dinkes di lapangan semua mengaku mengkonsumsi kue tersebut," tutupnya. S

Baca Juga

Ikuti Kami