Home News Metropolis BKSDA Observasi Keberadaan Orangutan Mendekati Permukiman di Sawit Raya Sampit

BKSDA Observasi Keberadaan Orangutan Mendekati Permukiman di Sawit Raya Sampit

  Redaksi   | Minggu , 26 Maret 2023
d0525d916c450a98b52a08c19dd61d95.jpg
Keberadaan tumpukan sampah di Jalan Sawit Raya yang diduga menjadi faktor mendekatnya orangutan ke lokasi kemunculan.

KLIK.SAMPIT - Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Pos Jaga Sampit melakukan observasi terhadap laporan adanya orangutan yang mendekati permukiman warga di Jalan Jenderal Sudirman Kilometer 5,5 Sampit, sekitar Jalan Sawit Raya. 

Komandan BKSDA Pos Jaga Sampit Muriansyah mengatakan, pihaknya telah mengecek dan menemui warga sekitar lokasi kemunculan orangutan. Saat petugas menyisiri lokasi orangutan yang dimaksud tidak ditemukan. 

"Tadi sore dari pukul 15.00 sampai dengan pukul 16.50, personel BKSDA Pos Jaga Sampit melakukan giat observasi lokasi kemunculan orangutan. Dan, orangutan tidak ditemukan," ujar Muriansyah, Minggu (26/3).

Dijelaskannya, pencarian orangutan terkendala cuaca yang saat itu hujan. Sehingga menyulitkan petugas untuk menyusuri lebih detail. 

Kendati demikian, petugas meyakini kalau orangutan hanya melintas di kawasan tersebut. Sebab di kawasan itu tidak ditemukan sumber pakan orangutan. 

"Lokasi hutan dengan sedikit pepohonan dan kebanyakan semak belukar. Orangutan akan selalu berpindah. Kalau dilakukan pencarian dengan cara manual atau pantauan udara meggunakan drone, orangutan akan turun. Ini akan makin menyulitkan dalam pencarian," kata Muriansyah. 

Lokasi kemunculan orangutan merupakan areal sisa hutan Kota Sampit, dengan vegetasi pepohonan bercampur semak. Luas sekitar 20 hektare, dan berdekatan dgn pemukiman penduduk, jaraknya sekitar 400 meter.

Pihak BKSDA juga telah menemui salah seorang warga yang semoga tidak merekam keberadaan orangutan. Warga tersebut membuat video sekitar pukul 14.00, saat itu masih ada di sekitar lokasi kemunculan pertama yang berjarak sekitar 200 meter. 

"Kami juga melakukan penyisirab di lokasi tersebut tapi orangutan juga tidak terlihat. Diduga kuat turrun ke bagian bawah pepohonan," katanya. 

Sementara itu, petugas juga menemukan lokasi pembuangan sampah tak jauh dari lokasi. Ini diyakini merupakan salah satu faktor orangutan mendekati kawasan itu, untuk mencari makan di tumpukan sampah tersebut. 

Mencegah hal-hal yang tak diinginkan petugas memberikan pengarahan kepada di sekitar lokasi kemunculan orangutan, agar berhati-hati. Serta terus melaporkan apabila kembali terjadi kemunculan orangutan. (KLIK-RED)

Baca Juga

Ikuti Kami