Home Pemerintah Kotawaringin Timur Pasar Ramadan sebagai Tradisi, Idealnya Menjadi Wadah Promosi Stategis bagi Produk Lokal

Pasar Ramadan sebagai Tradisi, Idealnya Menjadi Wadah Promosi Stategis bagi Produk Lokal

  Muhamad Oktavianto   | Jumat , 24 Maret 2023
387ec1e4cacfe3f31d7bdbe49c4d27b6.jpg
Bupati Kotim Halikinor menyampaikan sambutan saat meresmikan Pasar Ramadan, Kamis (23/3).

KLIK.SAMPIT -Pasar Ramadan atau Pasar Wadai sudah menjadi tradisi di Kabupaten Kotawaringin Timur. Hal ini dapat menjadi wadah promosi yang strategis bagi produk lokal untuk berkembang dan dikenal lebih luas. 

Hal tersebut disampaikan Bupati Kotim Halikinnor saat membuka secara resmi Pasar Ramadan di Taman Kota Sampit, Kamis sore (24/3).

"Oleh karena itu masyarakat dapat memanfaatkan kesempatan ini sebaik-baiknya. Apalagi di Pasar Ramadan ini juga bertujuan membantu memenuhi kebutuhan pokok masyarakat dengan harga yang relatif murah dan terjangkau," jelasnya. 

Dikatakannya, Pasar Ramadan pada saat bulan suci Ramadan merupakan sebuah tradisi sejak dulu. Adanya Pasar Ramadan diharapkan juga dapat menambah semarak dan meriahkan bulan suci Ramadan 1444 hijriah sekaligus dapat berdampak pada pemulihan ekonomi kita.

"Semoga Pasar Ramadan yang dilaksanakan selama bulan suci ini dapat bermanfaat dan mendapat sambutan yang positif dari seluruh masyarakat," kata Halikin. 

Dirinya juga menambahkan kalau pelaksanaan Pasar Ramadan saat ini dilaksanakan di Taman Kota Sampit namun tidak berarti di lokasi lain tidak dilaksanakan.

"Silakan kalau para pedagang mau berjualan di lokasi lain," jelasnya.

Saat ini, pemerintah sudah menyiapkan lapak dan meja untuk kebutuhan berjualan dagangan untuk berbuka puasa. Masyarakat jugaa dapat membuka Pasar Ramadan di daerah kecamatannya dengan lokasi yang strategis.

Ini agar semua masyarakat dapat menikmati kemeriahan Pasar Ramadan di Kotim.

Apalagi tahun ini ibadah Puasa Ramadan berbeda dari tahun-tahun sebelumnya karena pandemi Covid-19. Sebelumnya, pelaksanaan ibadah puasa sangat dibatasi karena harus mematuhi segala protokol kesehatan ketat. Tahun ini ibadah bisa dilaksanakan tanpa batasan lagi. 

"Namun saya mengimbau kepada masyarakat agar tetap waspada dan selalu menjaga kesehatan agar kita tetap dapat menjalankan ibadah puasa sebulan penuh," katanya. 

Menurutnya, Pemerintah Kabupeten Kotawaringin Timur akan selalu berusaha dan berupaya untuk membantu meningkatkan penyelenggaraan Pasar Ramadan agar lebih baik setiap tahunnya. (KLIK-RED)

Baca Juga

Ikuti Kami