Home News Metropolis Warga Binaan Lapas Pangkalan Bun Raih Juara 1 MTQ Se-Kalteng

Warga Binaan Lapas Pangkalan Bun Raih Juara 1 MTQ Se-Kalteng

  Redaksi   | Jumat , 24 Maret 2023
cc6d28711bea4561dcde059d5c1174e4.jpg
Mahrus, warga binaan Lapas Kelas IIB Pangkalan Bun mengikuti perlombaan MTQ antar-Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Tengah yang di gelar secara virtual, Jumat (24/3).

KLIK. PANGKALAN BUN - Berada di balik jeruji besi tidak membatasi  warga binaan untuk melakukan hal yang bersifat positif bahkan untuk meraih satu prestasi yang membanggakan.

Seperti yang alami oleh Mahrus salah satu Warga Binaan Lapas kelas llB Pangkalan Bun. Ia berhasil menjuarai perlombaan MTQ antar-Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Tengah yang di gelar secara virtual, Jumat (24/3).

Bahkan prestasi membanggakan ini membawa Mahrus menjadi salah satu WBP perwakilan Kalteng mengikuti perlombaan ke jenjang yang lebih tinggi lagi yaitu Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) warga binaan di tingkat Nasional dalam rangka memperingati Hari Bhakti Pemasyarakatan ke- 59.

Lomba MTQ ini digelar dalam rangka peringatan Hari Bhakti Pemasyarakatan (HBP) ke-59 Tahun 2023. Bertempat di Masjid At-Taubah Lapas Kelas IIB Pangkalan Bun, Mahrus mengikuti perlombaan melalui aplikasi zoom yang terhubung di Ruang Aula Kahayan Kanwil Kemenkumham Kalimantan Tengah.

Partisipan pada perlombaan kali ini berjumlah 12 orang yang merupakan warga binaan dari UPT Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Kalimantan Tengah. Dari 12 peserta tersebut, perwakilan Lapas Kelas IIB Pangkalan Bun Mahrus meraih peringkat satu dan berhak mewakili Kalimantan Tengah pada MTQ Tingkat Nasional antar warga binaan. Adapun kriteria penilaian yakni Makhrijul Huruf, Tajwid, Langgam (Nada) dan Etika Tilawah.

Kalapas Kelas IIB Pangkalan Bun, Doni Handriansyah memberikan apresiasi kepada seluruh jajaran beserta tim sehingga mendapatkan juara pertama se- Kalimantan Tengah. 

Lomba MTQ kali ini merupakan tahapan seleksi awal untuk mencari satu orang warga binaan yang akan diutus untuk mewakili Kantor Wilayah Kemenkumham Kalimantan Tengah untuk berkompetisi di tingkat Nasional, kata Kalapas.

”Belajar Tilawatil Quran menjadi salah satu program pembinaan di Lapas Kelas IIB Pangkalan Bun, disini warga binaan diajarkan membaca Al-Quran secara baik dan indah, "

Ditambahkannya, Mahrus ini termasuk salah satu warga binaan yang memiliki potensi yang sangat baik di bidang tersebut. Sebab itu, pihak lapas mengikutsertakan dia di perlombaan ini. Dan hasilnya sangat membanggakan. (KLIK-RED) 

Baca Juga

Ikuti Kami