Home News Metropolis BKSDA Pasang Jerat dan Pancing Buaya Sungai Sapihan

BKSDA Pasang Jerat dan Pancing Buaya Sungai Sapihan

  Redaksi   | Minggu , 26 Februari 2023
4b178f0bde1fbb25b7b4ef0313462a02.jpg
Komandan BKSDA Pos Jaga Sampit Muriansyah berbincang dengan Suriansyah korban serangan buaya di Sungai Sapihan Kecil, Minggu (27/2).

KLIK.SAMPIT – Kasus buaya serang manusia kembali terjadi di Kabupaten Kotawaringin, Minggu dini hari (27/2). Menyikapi ini Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Pos Sampit segera bertindak untuk menangkap buaya tersebut. 

Komandan BKSDA Pos Jaga Sampit Muriansyah mengatakan, pihaknya telah melakukan observasi ke Sungai Sapihan Kecil, Desa Basirih Hilir, Kecamatan Mentaya Hilir Selatan, Kabupaten Kotawaringin Timur, lokasi serangan buaya. 

"Kami memasang jerat dan pancing buaya tak jauh dari lokasi buaya yang menyerang korban saat berwudhu," ungkap Muriansyah, Minggu (27/2).

Ditambahkannya, pihaknya bersama kepolisian sektor dan lurah setempat juga telah menjenguk korban. Korban mengalami luka pada tangan kiri dengan 6 jahitan.

"Kami juga berupaya meringankan korban dengan memberikan bantuan biaya berobat," ujarnya. 

BKSDA bekerjasama dengan Polsek dan pihak kelurahan setempat memasang papan peringatan keberadaan buaya. Ini salah satu bentu upaya mengantisipasi terjadinya korban serangan buaya. 

Pihak BKSDA juga memasang dua set jerat dan pancing buaya di lokasi serangan. Petugas juga mengimbau warga sekitar agar meningkatkan kewaspadaan saat beraktivitas di dekat sungai. 

"Kami harapkan kepada warga yang tinggal tepian sungai agar lebih berhati-hati dan waspada saat beraktivitas di sungai terutama pada subuh, pagi dan sore hari,"kata Muriansyah. 

Sementara itu, Lurah Basirih Hilir, Wahyudah, berterimakasih atas respons cepat pihak BKSDA dan kepolisian dalam bertindak atas serangan buaya tersebut.

"Setidaknya kami sangat terbantu dengan adanya tanggapan yang begitu cepat. Saya berharap warga agar memperhatikan terkait kemunculan buaya ini. Sebab itu bersangkutan dengan nyawa," katanya. 

Wahyudah juga menyampaikan agar semua pihak bisa bekerjasama sama. Terutama warga Kelurahan Basirih Hilir yang tinggal di sekitar bantaran sungai agar bisa lebih berhati-hati. Serta tak membuang sampah sembarangan. Sebab sampah yang dibuang tersebut akan mengundang kehadiran binatang, salah satunya buaya.

"Sekali lagi kerja sama yang baik dari kita semua untuk menyikapi hal ini, berlakukan hidup bersih dan sehat, tetap menjaga keselamatan diri masing-masing," pungkasnya (KLIK-RED)

Baca Juga

Ikuti Kami