Home DPRD Seruyan Pemerintah Desa di Seruyan Diminta Berperan Mewujudkan Masyarakat Tertib Administrasi

Pemerintah Desa di Seruyan Diminta Berperan Mewujudkan Masyarakat Tertib Administrasi

  Redaksi   | Kamis , 16 Februari 2023
88352a7a7e640e0451a23b160d1cc5dc.jpg
Ketua DPRD Kabupaten Seruyan, Zuli Eko Prasetyo.

KLIK. SERUYAN – Pemerintah desa di Kabupaten Seruyan diminta berperan dalam mewujudkan masyarakat tertib administrasi. Salah satunya dengan memaksimalkan sosialisasi dan edukasi terkait itu. 

 Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Seruyan, Zuli Eko Prasetyo meminta agar pemerintah desa terus memaksimalkan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat tentang tertib administrasi.

Dicontohkannya, salah satunya administrasi kependudukan. Sehingga, dalam hal ini pihaknya mengharapkan peran aktif dari Pemdes, agar melakukan pendataan secara menyeluruh terhadap warganya yang belum memiliki dokumen administrasi kependudukan baik itu Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK) dan lain sebagainya.

“Hal ini bertujuan dalam rangka upaya mewujudkan masyarakat yang tertib administrasi, tentunya juga dibutuhkan dukungan dan peran pemerintah desa dalam melakukan sosialisasi dan edukasi,” katanya, Kamis 16/2).

Menurutnya, untuk dokumen-dokumen kependudukan terlebih dahulu, seperti yang utama KTP, KK, akta kelahiran dan lainnya diperlukan peran pemerintah desa, kepala desa (kades) sampai dengan lapisan terbawah nya seperti RT untuk membantu masyarakat.

“Karena kita ketahui pada masa ini dokumen kependudukan memegang peranan penting dalam berbagai macam urusan. Makanya desa harus aktif mendata warganya, agar nanti kalau mereka kesulitan untuk membuat bisa dibantu,” tandasnya. (KLIK-RED/*)

Baca Juga

Ikuti Kami