Home Pemerintah Kotawaringin Timur Pabrik Pakan Ikan Segera Dibangun di Kotim

Pabrik Pakan Ikan Segera Dibangun di Kotim

  Sugianto   | Sabtu , 11 Februari 2023
5b58aeb590c533a16912cc9fc4208bb6.jpg
Kepala Dinas Perikanan Kotim Ahmad Sarwo Oboi, Kamis (9/2).

KLIK.SAMPIT- Dinas Perikanan Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) dalam waktu dekat ini akan membangun gudang yang akan digunakan sebagai pabrik pakan ikan. 

Targetnya, tahun ini selesai dan bisa beroperasi sesuai dengan harapan Bupati Kotim Halikinnor. 

“Pabrik pakan, sementara baru siap membangun gudangnya, lokasinya di Sungai Ijum Raya,”ungkap Kepala Dinas Perikanan Kotim, Sarwo Oboi, Kamis (9/2)

Dikatakannya, untuk pembangunan infrastruktur pabrik pakan ikan itu memakan anggaran Rp 300 miliar. 

Lanjutnya, usai pembangunan gudang baru dilakukan pengadaan mesin. 

Ditargetkan semua rampung dan bisa beroperasi pada tahun ini.

Pabrik pakan yang dibangun di Sungai Ijum Raya, Kecamatan Mentaya Hilir Selatan itu memiliki kapasitas sekitar 200-300 kilogram per jam.

“Tapi yang harus dipersiapkan itu infrastruktur bangunan pabrik, mesin hingga bahan baku. Dan yang tidak kalah penting, Sumber Daya Manusia (SDM),” tambah Oboy.

Ia menambahkan, pihaknya juga tengah mempersiapkan SDM yang nantinya mengelola pabrik itu. Salah satunya akan memagangkan 5-6 orang pegawainya di pabrik pakan ikan milik Kementerian Perikanan di Mandiangin Kabupaten Banjar, Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel).

“Jadi mereka ini nantinya yang juga melatih SDM di sini berdasarkan ilmu yang mereka dapat selama magang. Insyaallah tahun ini selesai, sesuai permintaan pak Halikinnor,”pungkasnya. (KLIK-RED)

Baca Juga

Ikuti Kami