Home Pemerintah Kotawaringin Timur Diluncurkan di Kotim Importir Pupuk Incar Pasar Perkebunan Sawit Masyarakat

Diluncurkan di Kotim Importir Pupuk Incar Pasar Perkebunan Sawit Masyarakat

  Sugianto   | Jumat , 10 Februari 2023
a9970d1ebaf5da7ca7f29e9adc987b82.jpg
Foto bersama usai peluncuran pupuk Mampan CRF di Hotel Aquarius Boutique Hotel Sampit, Kamis (9/2).

KLIK.SAMPIT- Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) mengapresiasi peluncuran perdana pupuk Mampan CRF atau pupuk yang dikhususkan pada tanaman kelapa sawit serta buah-buahan di tanah tropis daerah itu.

"Terimakasih kepada PT Alif Raya selaku importir tunggal produk pupuk Mampan yang telah memilih Kabupaten Kotim sebagai tempat peluncuran perdana," ungkap Halikinnor, dalam sambutannya yang dibacakan Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik Bupati Kotim Najmi Fuadi di Sampit, Kamis (9/2).

Dikatakan Najmi, kehadiran pupuk ini disambut baik untuk masyarakat Kotim. Hal ini kerena wilayah ini merupakan salah satu kawasan wilayah pertanian dan perkebunan kelapa sawit masyarakat. 

"Semoga kehadiran pupuk Mampan ini, produktivitas pohon kelapa sawit di Kotim dapat lebih meningkat lagi demi kesejahteraan masyarakat," imbuhnya.

Sementara itu, Marketing Manager Mampan CRF Mohd Syafiq Nasmi mengatakan, pupuk Mampan yang telah diproduksi sejak tahun 1998 ini, mengandung nutrisi makro dan mikro secara seimbang pertama dibuat di Malaysia melalui Teknologi Agglomerasi Salut Polimer.

Hal tersebut telah dikaji secara keilmuan yang telah dijalankan bersama oleh pakar runding dari Universiti Putra Malaisya (UPM) di Ladang Palong dari tahun 2002-2008.

"Hasil pengkajian saintis, nutrisi-nutrisi mikro terpilih bukan saja meningkatkan hasil TBS tetapi juga bisa meningkatkan kandungan lignin dalam pokok sawit,"jelasnya.

Dikatakan Syafiq, nutrisi mikro terpilih yang terdapat dalam pupuk Mampan berupaya meningkatkan proses biosintetis lignin dalam tanaman untuk mengurangi serangan penyakit.

"Kesan positif ini hanya akan diperoleh jika pupuk Mampan digunakan secara berkesinambungan bagi pembentukan semula bahan lignin dalam batang dan dan akar pohon sawit," katanya.

Adapun kelebihan pupuk Mampan yaitu, meningkatkan aktivitas enzim-enzim tanaman. Meningkatkan kadar fotosintetis, meningkatkan kesuburan bunga, meningkatkan berat dan jumlah tandan. Meningkatkan hasil perahan minyak (OER), mengandung nutrisi-nutrisi makro dan mikro.

Mengurangi penyakit Ganoderma, mengurangi kehilangan nutrisi akibat hujan lebat dan menambah pendapatan petani berganda.

"Pemupukan cukup dua kali setahun. Jadi relatif hemat namun tetap efektif dan efisien,"pungkasnya. (KLIK-RED)

Baca Juga

Ikuti Kami