Home Pemerintah Kotawaringin Timur KPU Kotim Optimalkan Pendataan Pemilih di Perusahaan Perkebunan

KPU Kotim Optimalkan Pendataan Pemilih di Perusahaan Perkebunan

  Sugianto   | Selasa , 07 Februari 2023
15f921d6096149a66385eb6fd64ed66b.jpg
Ketua KPU Kotim saat diwawancara ,Selasa (7/2).

KLIK.SAMPIT - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kotawaringin Timur, mengoptimalkan pendataan pemilih di lingkungan perusahaan besar, khususnya perkebunan kelapa sawit di daerah itu. 

"Setiap perusahaan perkebunan kelapa sawit itu memiliki ribuan pekerja. Kami berharap pendataan pekerja yang memenuhi syarat sebagai pemilih, lebih dioptimalkan agar mereka bisa menggunakan hak politik mereka," ungkap Ketua KPU Kotim Siti Fathonah, Selasa (7/2).

Dikatakan Siti Fathonah, dalam mengoptimalkan pendataan pemilih di lingkungan perusahaan besar, khususnya perkebunan kelapa sawit yang banyak terdapat di daerah ini perlu dilakukan sehingga mereka bisa menggunakan hak politiknya. 

"Setiap perusahaan perkebunan kelapa sawit itu memiliki ribuan pekerja. Kami berharap pendataan pekerja yang memenuhi syarat sebagai pemilih. Jadi perlu lebih dioptimalkan agar menggunakan hak politik mereka," katanya.

Dia mengapresiasi dukungan pemerintah daerah yang memberikan kemudahan dengan turun ke perusahaan besar swasta untuk membantu karyawan yang hendak pindah domisili agar bisa mendapatkan hak pilih. 

Siti Fathonah menjelaskan, kini pengurusan pindah domisili cukup dilakukan di daerah ini, selanjutnya Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kotawaringin Timur yang berkoordinasi dengan daerah asal untuk pencabutan berkasnya dan dipindah ke Kotawaringin Timur.

"Bisa juga masuk dalam daftar pemilih pindahan, asal mereka memang sudah terdaftar sebagai pemilih di daerah asal. Kami siap membantu. Nanti kami berkoordinasi dengan KPU daerah asal. Dulu kami sempat terkendala karena tidak semua perusahaan mau memberikan data yang kami minta untuk keperluan pengurusan itu. Kami berharap kerjasamanya,"tutupnya.(KLIK-RED)

Baca Juga

Ikuti Kami