Home Pemerintah Kotawaringin Timur Blanko KTP Elektronik untuk Kotim Sudah Tersedia

Blanko KTP Elektronik untuk Kotim Sudah Tersedia

  Redaksi   | Senin , 30 Januari 2023
0e082532e5de2443c231c64222f7c499.jpg
Kepala Disdukcapil Kotim Agus Tripurna Tangkasiang, saat diwawancarai wartawan.

KLIK.SAMPIT – Masyarakat yang saat ini ingin memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) Elektrik fisik tampaknya bisa bernapas lega. Pasalnya blanko KTP elektronik yang beberapa waktu lalu sempat kosong akhirnya tersedia.
“Alhamdulillah, setelah kami berangkatkan staf kami pekan lalu bisa membawa oleh-oleh 10.000 keping blanko KTP,” ungkap Kepala 
Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kotim Agus Tripuna Takasiang, Senin (30/1). 
Dengan tersedianya blanko KTP tersebut masyarakat yang sudah melakukan perekaman atau mengganti KTP yang rusak dan hilang dan telah memegang surat keterangan diminta ke kantor Disdukcapil.
Diungkapkan Agus, sebelum blanko tersedia sempat ada antrean sebanyak 1.500 warga yang mengatre untuk mendapatkan KTP elektronik. Rinciannya, hampir 1.000 warga yang sudah melakukan perekaman atau print ready record, dan sekitar 500 orang pegang surat keterangan yang melaporkan KTP fisiknya rusak atau hilang. 
“Jadi kami harap masyarakat bisa langsung datang ke kantor Disdukcapil atau Mal Pelayan Publik.
Kekosongan blanko ini sebenarnya sudah lama terjadi. Sehingga hal ini lah yang cukup menjadi momok ketika warga mengajukan pembuatan KTP elektronik atau mengganti KTP fisiknya yang rusak. 
Disdukcapil provinsi maupun Disdukcapil kabupaten/ kota biasanya  membuat surat permohonan resmi dan mencantumkan jumlah permintaan blanko KTP. Adapun jumlahnya yang disetujui ditentukan oleh Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). (KLIK-RED)

Baca Juga

Ikuti Kami