Home Peristiwa Dua Individu Orangutan Berkeliaran Sekitar Lanud Iskandar Pangkalan Bun Telah Diselamatkan

Dua Individu Orangutan Berkeliaran Sekitar Lanud Iskandar Pangkalan Bun Telah Diselamatkan

  Redaksi   | Jumat , 27 Januari 2023
d983282501b4a535d4bb5edb04b818a8.jpg
Induk dan Bayi Orangutan Nyasar di Lanud Iskandar Pangkalan Bun Berhasil Diselamatkan

KLIK.PANGKALAN BUN – Balai Konservasi Sumber Daya bersama Orangutan Foundation United Kingdom (OF-UK) mengamankan dua individu orangutan yang sempat berkeliaran di Pangkalan Udara Iskandar Pangkalan Bun, beberapa waktu lalu.

Orangutan yang terdiri dari induk dan anak itu dievakuasi oleh tim, Jumat ( 27/1) sekira pukul 09.30.

“Tim WRU SKW II bersama OF-UK dan personel Lanud Iskandar telah menyelamatkan dua individu orangutan,”jelas Kepala Seksi BKSDA Kalteng SKW 2 Pangkalan Bun, Dendi Setiadi.

 Orangutan induk memiliki bobot 35,5 kilogram diperkirakan berusia 18 tahun. Induk tersebut sebelumnya sempat terlihat menggendong bayi jantan di Joging Track Hutan Lanud Iskandar, Pangkalan Bun. 

Kronologis kejadian, saat orangutan jantan terlihat pada pukul 06.00 WIB di lingkungan Lanud sekaligus bandara Iskandar Pangkalan Bun. 

Kepala AVSEC Bandara Iskandar, Murdoko dan Komandan Lanud Iskandar Letkol Rudi melaporkannya pada pukul 06.20. Selanjutnya petugas menuju lokasi dan melakukan rescue atau penyelamatan. 

“Rescue berhasil pukul 09.30 dan orangutan dibawa ke kantor seksi dan selanjutnya rencananya akan dilepasliarkan ke kawasan TWA Tanjung Keluang,” tutup Dendi. (KLIK-RED)

Baca Juga

Ikuti Kami