Home Pemerintah Kotawaringin Barat Dinkes Kobar Sosialisasikan Aplikasi Sarana dan Prasarana Alat Kesehatan bagi Seluruh Puskesmas

Dinkes Kobar Sosialisasikan Aplikasi Sarana dan Prasarana Alat Kesehatan bagi Seluruh Puskesmas

  Redaksi   | Senin , 23 Januari 2023
54cbdcbc62c8b30d34d69a407a323882.jpg
Kegiatan sosialisasi ASPAK di Kotawaringin Barat.

KLIK. PANGKALAN BUN - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) mensosialisasikan Aplikasi Sarana dan Prasarana Alat Kesehatan (ASPAK) bagi seluruh puskesmas di daerah itu. 

Kegiatan ini diikuti oleh kepala dan pengelola Aspak dari 18 puskesmas se-Kobar, dengan menghadirkan narasumber admin ASPAK Kabupaten tahun sebelumnya dari Dinkes Kobar, yakni Administrator Kesehatan Ahli Muda Seksi Kesehatan Tradisional Audita Zulfikria.

Kepala Dinkes Kobar melalui Kabid Sumber Daya Kesehatan Akhmad Fauzan, saat dikonfirmasi, Senin (23/1), mengatakan, perbaruan data ASPAK ini merupakan suatu kewajiban bagi tiap puskesmas.

Lanjut Fauzan, karena dapat menjadi perencanaan yang baik dalam pemenuhan sarana, prasarana dan alat kesehatan melalui ketersediaan data yang valid dan tepat waktu.

“Dengan sosialisasi ini updating data ASPAK di puskesmas agar lebih ditingkatkan lagi. Karena mulai tahun 2023 dan seterusnya untuk pengadaan tahun 2024 akan di pantau melalui aplikasi ASPAK," ujar Akhmad Faozan.

Pihaknya sudah mensosialisasikan Sosi di Aula Dinkes Kobar, Kamis lalu(19/1).

Ia juga berharap agar pengelola di puskesmas melakukan perbaruan data ASPAK satu bulan sekali. 

ASPAK merupakan sebuah aplikasi yang menghimpun data dan menyajikan informasi mengenai sarana, prasarana dan alat kesehatan pada fasilitas pelayanan kesehatan. 

Tujuan dari sosialisasi dan perbaruan ASPAK ini adalah untuk memastikan ketersedian sarana, prasarana dan alat kesehatan di puskesmas dan membuat perencanaan kebutuhan di tahun berikutnya. (KLIK-RED)

Baca Juga

Ikuti Kami