Home News Metropolis Masyarakat Kotim Diminta Bantu Cegah Karhutla

Masyarakat Kotim Diminta Bantu Cegah Karhutla

  Redaksi   | Kamis , 19 Januari 2023
f018c67cb0154bf29b6a5a976a62bfab.jpg
Kepala Disdamkarmat Kotim Hawianan.

KLIK. SAMPIT- Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Disdamkarmat) Kotawaringin Timur (Kotim) meminta kepada masyarakat di daerah itu untuk membantu pihaknya mencegah kebakaran hutan dan lahan, maupun bangunan.

Salah satu hal yang dapat dilakukan yalni dengan segera menghubungi petugas Disdamkarmat ketika melihat kebakaran yang terjadi di depan mata. Sehingga petugas dapat dengan segera tiba di lokasi. 

"Menangani peristiwa kebakaran baik bangunan maupun yang lainnya diperlukan partisipasi dan kesadaran masyarakat. Salah satunya dengan memberikan informasi dengan segera. Ini sangat kami butuhkan. Jadi kami bisa merespons lebih cepat dan menanganinya," kata Kepala Disdamkarmat Kotim Hawianan, Kamis (19/1).

Diungkapkan Hawianan, sebuah peristiwa kebakaran terutama bangunan kerap menarik penasaran warga. Bahkan tidak sedikit yang langsung mengabadikan peristiwa itu menggunakan telepon pintar mereka. Padahal petugas pemadam kebakaran belum ada di lokasi karena belum mendapatkan informasi. 

"Hal ini yang sering kami alami yang membuat penanganan menjadi lambat," katanya. 

Hawianan mengaku partisipasi dan kesadaran warga sangat diperlukan. Sehingga segera memberikan informasi, jika mengetahui adanya peristiwa atau hal-hal yang berpotensi menyebabkan kebakaran. 

Demi hal itu Disdamkarmat Kotim pun kerap mensosialisasikannya kepada masyarakat. Baik itu secara verbal maupun melalui pengumuman tertulis. 

Hawianan berharap kebakaran yang kerap terjadi belakangan ini dapat diredam. Sehingga bencana asap akibat kebakaran yang pernah terjadi sebelum-sebelumnya tidak terulang kembali. (KLIK-RED)

Baca Juga

Ikuti Kami