Home News Metropolis Festival Tandak Intan Kaharingan XI Kotim Diikuti 114 Peserta dari Berbagai Usia

Festival Tandak Intan Kaharingan XI Kotim Diikuti 114 Peserta dari Berbagai Usia

  Redaksi   | Jumat , 25 November 2022
d5af20f09ca143bfe67c3dfee4849f59.jpg
Pembukaan Festival Tanda Intan Kaharingan XI Kotim di halaman Balai Basarah Penyang Hatampung Sampit, Sampit, Kamis (24/11).

KLIK.SAMPIT- Festival Tandak Intan Kaharingan XI Kotawaringin Timur diikuti 114 peserta dari 13 kecamatan dan terdiri dari berbagai usia, dari tingkat anak-anak hingga dewasa.  

Ketua Lembaga Pengembangan Tandak Intan Kaharingan Kotim, Agus Sanang, menjelaskan kegiatan ini merupakan upaya pembinaan umat Hindu Kaharingan di bumi Habaring Hurung ini.

“Ini salah satu upaya pembinaan, khususnya kerohanian kepada seluruh umat Hindu Kaharingan yang ada di Kotawaringin Timur. Serta memperkuat keimanan dari generasi muda Hindu Kaharingan,” katanya. 

Festival Tandak Intan XI Kotim digelar di Balai Basarah Penyang Hatampung Sampit. Kegiatan ini merupakan agenda rutin tahunan umat Hindu Kaharingan.

Festival ini diikuti peserta dari tingkat anak-anak hingga dewasa. Mereka yang menjadi juara akan mewakili Kotawaringin Timur ke Festival Tandak Intan Kaharingan ke tingkat Provinsi Kalimantan Tengah.

Menurut Agus, kegiatan ini adalah bentuk pembinaan dalam membangun kader. Menurutnya, banyak hal positif yang didapat dari kegiatan ini. Di antaranya silaturahim dan memperdalam ilmu agama.

“Kami berharap dukungan dari pemerintah daerah sehingga kegiatan ini bisa berjalan lancar dan membawa manfaat besar, khususnya dalam pengembangan agama Hindu Kaharingan,” harapnya.

Ketua Festival Tandak Intan Kaharingan XI, Betli menyebutkan, kegiatan ini berlangsung selama tiga hari dengan jumlah peserta sebanyak 144 orang dari 13 kecamatan.

Ada pun perlombaan yang digelar terdiri dari empat kategori. Di antaranya; kendayu perorangan, lomba pembacaan kitab suci Panaturan, lomba menandak dan lomba karungut.

“Sebelum para juara nanti dikirim ke tingkat provinsi, akan dibina telebih dahulu. Tak hanya itu, kami akan terus membina mereka mengembangkan minat dan bakat terkait ajaran agama. Sehingga mempunyai akhlak kepribadian yang tinggi,” tutup Betli. (KLIK-RED)

Baca Juga

Ikuti Kami