Home News Metropolis BKSDA Kalteng Masih Menemukan Ada Burung Beo Diperjualbelikan di Sampit

BKSDA Kalteng Masih Menemukan Ada Burung Beo Diperjualbelikan di Sampit

  Redaksi   | Kamis , 17 November 2022
6e5987f6b1e48f2b4e0b888d9c5abba9.jpg
Petugas BKSDA Kalteng ketika memeriksa kios penjualan burung di sekitar hutan kota di Jalan Gatot Subroto, Sampit, Kotawaringin Timur, baru-baru ini.

KLIK.SAMPIT - Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kalimantan Tengah menemukan masih ada warga di Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur, menjual burung beo. 

Penjualan burung dilindungi itu dilakukan oleh salah seorang penjual burung di sekitar hutan kota, Selasa, 15 November 2022, diduga terjadi karena ketidakketahuan yang bersangkutan. 

"Kami menemukan ada satu ekor burung beo yang dijual," ungkap Komandan BKSDA Pos Jaga Sampit Muriansyah, Kamis, (17/11). 

Dijelaskan Muriansyah, temuan itu terjadi ketika dia menemani petugas BKSDA Kalteng meninjau tempat penjualan burung di hutan kota. 

Ditambahkannya, pihaknya pun langsung menegur dan memberi peringatan kepada penjual burung bersangkutan. Serta dua orang rekannya yang lain agar tak sembarangan menjual satwa liar karena ada sebagian burung masuk kategori dilindungi. 

Diakuinya saat ini masih banyak warga yang belum tahu kalau beo sudah termasuk jenis burung yg dilindungi Undang-Undang. 

Penambahan jenis satwa baru yang dilindungi ini dimulai pada September 2018 lalu, yakni berdasarkan Peraturan Menteri (Permen) Nomor 106 Tahun 2018 tentang jenis satwa dan tumbuhan yang dilindungi.

Selanjutnya muncul Permen LHK Nomor 20 pada Bulan Juni 2018, kemudian Permen LHK Nomor 92 Bulan Agustus 2018 dan terakhir Permen LHK Nomor 106 Bulan Desember tahun 2018.

"Di Permen ini, beo termasuk jenis satwa yang dilindungi UU" tegasnya. 

Selain burung beo, ada juga satwa lainnya yang banyak belum diketahui telah dilindungi oleh negara, yakni ikan pipih atau ikan belida. Hingga kini ikan ini masih banyak dikonsumsi masyarakat hingga diperjualbelikan karena tidak tahu. (KLIK-RED)

Baca Juga

Ikuti Kami