Home Pemerintah Murung Raya Sejumlah Desa di Murung Raya Dilanda Banjir

Sejumlah Desa di Murung Raya Dilanda Banjir

  Redaksi   | Senin , 14 November 2022
f7ff8afb96b1a5603099037fa88fe80d.jpg
Akses jalan terendam di Desa Tumbang Bantian, Kabupaten Murung Raya.

KLIK. PURUK CAHU – Sejumlah desa di Kabupaten Murung Raya dilanda banjir lantaran intensitas hujan yang cukup tinggi di wilayah itu. Adapun desa yang saat ini terpantau banjir yakni Desa Sungai Batang Kecamatan Permata Intan, Desa Tumbang Bantian Kecamatan Sungai Babuat dan Desa Dirung Linkin Kecamatan Tanah Siang Selatan.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Murung Raya (Mura) memantau dan mendata sejumlah desa tersebut yang diterjang musibah banjir bandang akibat intensitas hujan yang cukup tinggi pada Minggu malam (13/11) hingga Senin dini hari (14/11).

Plt Kepala Pelaksana BPBD Murung Raya Putu Suranta mengatakan bahwa kondisi banjir yang melanda beberapa desa tersebut merupakan luapan air sungai pada masing-masing desa setempat yang seketika terjadinya banjir merendam rumah warga dan akses jalan desa.

“Untuk saat ini kita melakukan pemantauan terhadap kondisi debit air, apakah masih terjadi kenaikan atau berangsur surut. Kita juga melakukan pendataan terhadap warga yang terdampak serta berupaya memberikan bantuan tanggap darurat apabila dibutuhkan,” katanya.

Musibah banjir yang melanda beberapa desa tersebut merupakan fenomena alam yang sering terjadi apabila terjadinya curah hujan yang cukup tinggi.

“Apabila terjadi intensitas hujan yang tinggi selalu menjadi langganan beberapa desa tersebut mengingat lokasi desa yang tidak jauh dari jalur sungai. Namun biasanya banjir tidak berlangsung lama, asalkan tidak terjadi hujan kembali pada wilayah tersebut,” pungkas Putu Suranta.(KLIK-RED/*)

Baca Juga

Ikuti Kami