Home DPRD Kotawaringin Timur Legislator ini Usulkan Pemkab Segera Keruk Aliran Sungai di Sampit

Legislator ini Usulkan Pemkab Segera Keruk Aliran Sungai di Sampit

  Dimas Suma Fember   | Sabtu , 08 Oktober 2022
6a8b9f6794d3f516f59acf3e97db3c39.jpg
Wakil Ketua Komisi III DPRD Kotim, Dadang H Syamsu.

KLIK. SAMPIT - Aliran sungai atau anak Sungai Mentaya yang ada di Sampit perlu dinormalisasi, minimal diketuk. Sehingga aliran air lancar dan mengurangi banjir dalam kota. 

Hal ini disampaikan, Wakil Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur Dadang H Syamsu. Ia mengusulkan pemerintah daerah untuk segera mengeruk saluran air maupun anak sungai.

Khususnya ujarnya, di sekitar permukiman warga dalam kota Sampit untuk mencegah banjir. Karena selama ini sejumlah ruas jalan dan permukiman warga di Kota Sampit selalu kebanjiran ketika musim hujan.

“Pengerukan diperlukan untuk mencegah banjir terulang lagi seperti beberapa waktu lalu. Saat inilah waktu yang tepat untuk pengerukan alur air sebelum curah hujan benar memasuki musim puncaknya,” kata Dadang, Sabtu (8/10).

Kota Sampit yang meliputi Kecamatan Mentawa Baru Ketapang dan Baamang sebutnya, sering dilanda banjir dan terdapat kawasan rawan banjir pada masing-masing kecamatan tersebut.

"Bahkan kami di DPRD banyak menerima keluhan dan aspirasi masyarakat terkait kekhawatiran banjir kembali terjadi saat hujan deras. Beberapa waktu lalu juga banjir sempat melanda sejumlah kawasan perumahan di Kecamatan Baamang," tegasnya.

Banjir terjadi akibat hujan deras terjadi cukup lama dan bersamaan kondisi Sungai Mentaya yang sedang pasang sehingga air mengalir lambat dan meluber ke jalan serta permukiman warga. (KLIK-RED /*)

Baca Juga

Ikuti Kami