Home Pemerintah Pemprov Kalteng Bersama TNI, Pemerintah Sejuta Pohon

Bersama TNI, Pemerintah Sejuta Pohon

  Redaksi   | Kamis , 29 September 2022
7ad9df960a3950f36d2cdb052a65903e.jpg
Sahli Gubernur Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik Herson B Aden dan Danrem 102/Pjg Yudianto Putrajaya menanam pohon.

KLIK. PALANGKA RAYA - Staf Ahli Gubernur Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik Herson B Aden menegaskan, pemerintah provinsi telah melakukan berbagai langkah nyata dalam merespons perubahan iklim, yang salah satunya melalui rehabilitasi lahan.

Hal tersebut disampaikannya saat menghadiri rangkaian peringatan HUT ke-77 Tentara Nasional Indonesia (TNI), yang dilaksanakan di lingkungan Korem 102/Pjg, Kamis (29/9). 

"Rehabilitasi lahan sebagai salah satu visi dalam menjaga kelestarian sumberdaya lingkungan yang ada sebagaimana tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah," kata dia.

Lebih lanjut Herson menyatakan dengan adanya curah hujan yang tinggi sepanjang tahun 2021 dan pertengahan tahun 2022, maka munculnya titik api yang mengakibatkan kebakaran hutan dan lahan dapat dikendalikan oleh seluruh stakeholder terkait dan juga koordinasi yang baik antara pemerintah pusat dan provinsi. 

Kendati demikian hal itu akan lebih optimal apabila ada langkah-langkah nyata, seperti melalui penanaman pohon. Hal inilah yang kemudian juga menginisiasi pemerintah bersama dengan TNI melakukan gerakan menanam 1 juta pohon serentak di kabupaten dan kota.

"Kegiatan menanam bersama ini merupakan momentum yang akan diikuti oleh seluruh pemerintah, sehingga diharapkan adanya dukungan dan kerja sama dengan seluruh instansi terkait sehingga jangkauannya akan lebih luas dan terarah," katanya mengharapkan. 

Pada kesempatan yang sama Komandan Korem 102/Pjg Brigjen TNI Yudianto Putrajaya mengapresiasi langkah pemerintah provinsi terkait yang telah bersama-sama merencanakan dan melaksanakan kegiatan penanaman 1 juta pohon di wilayah Kalteng serentak di 14 kabupaten dan kota lainnya.

"Selesai kegiatan penanaman pohon ini agar terus diupayakan pengelolaan dan pemeliharaan dengan melibatkan masyarakat sekitar, sehingga hasilnya dapat bermanfaat dan dinikmati generasi mendatang," katanya mengakhiri. (KLIK-RED)

Baca Juga

Ikuti Kami