Home Pemerintah Pemprov Kalteng Pemda Wajibkan Alokasikan Anggaran Ketahanan Panganan

Pemda Wajibkan Alokasikan Anggaran Ketahanan Panganan

  Redaksi   | Senin , 19 September 2022
c51f3f3a2b3d6e9e9acec04c25256da2.jpg
Gubernur Kalteng, Sugianto Sabran bersama jajaran terkait melakukan gerakan tanam cabai.

KLIK. PALANGKA RAYA - Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng), Sugianto Sabran menegaskan, upaya pengendalian inflasi harus dilakukan secara menyeluruh dengan mengoptimalkan kebijakan-kebijakan strategis.

Maka dari itu, pemerintah tidak hanya memerlukan program jangka pendek ataupun menengah, akan tetapi program untuk jangka panjang sangat diperlukan. Sehingga dengan demikian pengendalian inflasi setiap tahunnya bisa terlaksana sesuai program. 

"Untuk jangka pendek bisa berupa pasar murah, tanam cabai dan lain sebagainya. Tapi jangka panjang harus dipikirkan untuk langkah ke depannya," kata dia.

Untuk program jangka panjang, Sugianto meminta pemerintah daerah kabupaten dan kota agar menganggarkan secara khusus untuk ketahanan pangan di masing-masing daerah. 

Pemerintah tentunya harus belajar dari inflasi yang terjadi saat ini, sehingga tahu langkah-langkah yang dilakukan.

Dengan adanya anggaran yang difokuskan khusus untuk ketahanan pangan, maka pemerintah bisa menggiatkan program penanaman cabai, padi, dan produk hortikultura lainnya guna menjaga ketersediaan bahan pokok di pasaran.

"Wajib memang, apalagi soal ketahanan pangan inikan bagian dari program pemerintah pusat. Jadi anggaran wajib teralokasi oleh pemerintah daerah," kata dia menegaskan. 

Lebih lanjut Sugianto mengharapkan, seluruh anggota Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) memberi perhatian lebih pada upaya menjaga dan meningkatkan laju pertumbuhan ekonomi Kalteng.

"Insya Allah kami yakin dengan partisipasi aktif seluruh stakeholder dapat memberikan hasil yang nyata dan apa yang menjadi upaya bersama ini dapat menekan harga di pasaran menjadi lebih stabil, yang pada akhirnya inflasi kita menjadi terkendali," katanya mengakhiri. (KLIK-RED)

Baca Juga

Ikuti Kami