Home News Metropolis 170 Polisi Latihan SAR Air di Teluk Sampit

170 Polisi Latihan SAR Air di Teluk Sampit

  Dimas Suma Fember   | Rabu , 14 September 2022
6e1ea9825229cf1ad9d9d6a8b427dff6.jpg
Latihan Gabungan Evakuasi Laka Air di Pantai Tebing Kalap, Kecamatan Teluk Sampit.

KLIK. SAMPIT— Direktorat Polairud Polda Kalimantan Tengah (Kalteng), Dir Samapta Polda Kalteng, dan Sat Brimob Polda Kalteng melakukan pelatihan Search dan Rescue (SAR), Sabtu (10/9).

Kegiatan tersebut dilakukan selama tiga hari dimulai hari Sabtu (10/9) sampai Selasa (13/9) di Pantai Tebing Kalap, Kecamatan Teluk Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim).

“Personel gabungan dari 3 Direktorat dan diikuti sekitar 170 personel,” ujar Ditpolair Polda Kalteng, Kombes Pol Boby Pa'ludin Tambunan pada, Rabu (14/9).

Ia juga menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan perintah dari kapolda karena mengingat wilayah perairan di Kalteng cukup luas. Serta memiliki potensi kejadian kecelakaan (laka) air yang tinggi.

Sehingga kecelakaan laka di air terjadi, pihak sudah melakukan pelatihan untuk peningkatan kemampuan anggota penanganan khususnya di wilayah daerah aliran sungai yang berada di Kalteng.

“Kemarin kami melakukan simulasi penanganan SAR,” jelasnya.

Ia juga menjelaskan bahwa sering terjadi perubahan cuaca yang tidak menentu sehingga menimbulkan kerawanan terjadi laka air. Sebab itu pihaknya harus siap siaga dalam penanganan tersebut.

“Saya kira pelatihan tersebut harus dilakukan secara berkesinambungan dalam rangka memelihara kemampuan anggota, karena kemampuan anggota akan terjaga dan meningkat melalui proses berlatih,” tandasnya.(KLIK-RED)

Baca Juga

Ikuti Kami