Home DPRD Kotawaringin Timur DPRD Kotim Dukung Pemerintah Bantu Petani Komoditas Andalan

DPRD Kotim Dukung Pemerintah Bantu Petani Komoditas Andalan

  Dimas Suma Fember   | Senin , 12 September 2022
b41c178be53c8701612f57ed7933f094.jpg
Anggota DPRD Kotim, Abdul Kadir.

KLIK. SAMPIT - Anggota DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur, Abdul Kadir mengatakan, pihaknya mendukung pemerintah untuk membantu petani. Khususnya petani komoditas andalan yang kini harganya anjlok seperti rotan, karet, dan komoditas lainnya. 

Menurutnya, di tengah kondisi seperti saat ini, petani atau masyarakat yang mengandalkan bisnis di sektor ini perlu dibantu. 

Salah satunya ujarnya, dengan program pengadaan bibit karet, rotan hingga tanaman lainnya yang memiliki nilai ekonomis untuk dibagikan kepada masyarakat dalam bentuk bantuan.

"Pemerintah saya anggap kurang perhatiannya untuk sektor perkebunan karet, rotan dan sejenisnya. Padahal dengan program pengadaan bibit salah satunya menjadi salah satu upaya agar masyarakat memanfaatkan lahan," ujarnya, Senin (12/9).

Selain itu juga tambahnya, untuk mempertahankan sisa hutan yang ada ini, agar tidak semuanya menjadi lahan perkebunan kelapa sawit, yang mengakibatkan keseimbangan alam menjadi rusak.

“Dengan perhatian kepada petani maka akan berdampak positif, salah satunya penggalakkan budidaya tanaman rotan," ujarnya. 

Menurutnya, dalam sistem budidaya tanaman rotan tidak sembarangan menebang pohon. Justru harus menambah pohon sebagai media rambat untuk tumbuhnya tanaman rotan. (KLIK-RED/*)

Baca Juga

Ikuti Kami