Home Pemerintah Kotawaringin Timur HKGN di Kotim Dinkes Gelar Makan Buah dan Gosok Gigi Bersama

HKGN di Kotim Dinkes Gelar Makan Buah dan Gosok Gigi Bersama

  Redaksi   | Senin , 12 September 2022
0ab57a98bb16339848b05ec1b1ed1882.jpg
Dokter gigi mengajarkan murid menyikat gigi yang baik dan benar di halaman SDN 3 MB Hulu Sampit, Kotawaringin Timur, Senin (12/9).

KLIK.SAMPIT-  Dinas Kesehatan Kotawaringin Timur bersama Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) menggelar pergerakan masyarakat memperingati Hari Kesehatan Gigi Nasional (HKGN) tahun 2022.

Peringatan diisi dengan makan buah dan gosok gigi bersama yang melibatkan murid di Sekolah Dasar Negeri 3 Mentawa Baru Hulu, Sampit, Kotawaringin Timur, Senin (12/9).

"Peringatan HKGN ini serentak di seluruh Indonesia dan di Kabupaten Kotim dilaksanakan di 17 kecamatan dan 21 puskesmas," ucap Kepala Dinkes Kotim, Umar Kaderi. 

Dalam kegiatan tersebut, Dinkes Kottim bersama PDGI juga memberikan penyuluhan kepada pelajar terkait kesehatan gigi dan mulut. Ini dimaksud agar dapat menggelorakan kebiasan makan buah segar kepada pelajar sebagai asupa vitamin tubuh. 

Terkait sikat gigi bersama, Umar berharap, pelajar bisa menjaga kesehatan gigi dan mulutnya agar tidak berlubang, rusak, hingga sakit. Sebab ini tentu akan akan mengganggu belajar murid.

Dalam kesempatan itu pelajar juga diingatkan agar menyikat gigi dua kali sehari. Serta tidak terlalu sering memakan makanan yang manis karena hal tersebut akan cepat membuat gigi berlubang. 

"Nanti kalau sudah sakit gigi maka saat belajar akan terganggu karena tidak konsentrasi. Kemudian juga perlu memeriksakan gigi ke dokter," pungkasnya. 

Sementara itu permasalahan kesejatan gigi dan mulut di Indonesia terbilang masih sangat tinggi. Berdasarkan riset kesehatan dasar (Riakesdas) masalah kesehatan gigi dan mulut dari 100 orang sebanyak 57-58 orang mengalami masalah kesehatan gigi dan mulut. 

Masalah terbesar kesehatan gigi adalah gigi rusak, berlubang, dan sakit. Sedangkan mayoritas masalah terbesar kesehatan mulut adalah gusi bengkak atau keluar bisul. (KLIK-RED)

Baca Juga

Ikuti Kami