Home DPRD Kotawaringin Timur Dewan Tagih Janji Realisasi Program Integrasi Sapi dan Sawit

Dewan Tagih Janji Realisasi Program Integrasi Sapi dan Sawit

  Dimas Suma Fember   | Sabtu , 10 September 2022
2000daf0b3cddf5937a1ffde05ccf2c1.jpg
Sekretaris Komisi II DPRD Kotim, Syahbana.

KLIK. SAMPIT - Kalangan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kotawaringin Timur menagih janji realisasi program Integrasi peternakan sapi dan perkebunan kelapa sawit. 

Sekretaris Komisi II DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) Syahbana mempertanyakan janji pemerintah untuk mengembangkan program yang mengintegrasikan peternakan dan perkebunan atau sistem integrasi sapi dan kelapa sawit (SISKA). 

Syahbana menyebutkan, potensi peternakan di Kotim terlihat dari kondisi lahan yang memadai dan cadangan untuk makanan ternak. Apalagi jika dikelola terintegrasi dengan usaha perkebunan. 

"Maka dari itu saya yakin Kabupaten Kotim bisa sukses dan mampu menjadi daerah penghasil daging di Kalimantan Tengah (Kalteng). Kalau memang dikelola secara serius dan berkelanjutan, program swasembada daging yang didengungkan sejak lama ini bisa tercapai dan terlaksana," kata Syahbana, Sabtu (10/9).

Asalkan tambahnya, pemerintah, pihak swasta dan peternak punya persepsi yang sama. Menurutnya, pihak swasta pun harus diberikan kesempatan untuk membuka areal peternakan di Kotim. Termasuk pengusaha perkebunan swasta.

"Perkebunan sawit mempunyai potensi besar dalam penyediaan pakan murah dan mudah berupa pelepah daun dan dahan pohon sawit, limbah bungkil sawit dan limbah padat sawit (Decanter Solid) yang dapat didayagunakan menjadi pakan ternak berkualitas," tandasnya. (KLIK-RED /*)

Baca Juga

Ikuti Kami