Home Pemerintah Kotawaringin Timur Musim Pancaroba, Dinkes Kotim Ingatkan Masyarakat Waspada Penyakit-Penyakit ini

Musim Pancaroba, Dinkes Kotim Ingatkan Masyarakat Waspada Penyakit-Penyakit ini

  Dimas Suma Fember   | Senin , 05 September 2022
d94d783bef86f4438cc4751c4a091459.jpg
Ilustrasi.net

KLIK.SAMPIT - Dinas Kesehatan Kotawaringin Timur mengimbau masyarakat agar mewaspadai penularan penyakit yang biasa muncul saat pergantian musim atau pancaroba seperti sekarang. 

"Masyarakat harus bisa menjaga daya tahan tubuhnya, karena pergantian musim biasanya ada beberapa penyakit yang dikhawatirkan bisa gampang menyerang," kata Kepala Dinas Kesehatan Kotawaringin Timur Umar Kaderi, Senin (5/9).

Disebutkannya, dua penyakit yang kerap kali dialami di musim pancaroba adalah flu dan batuk hingga demam berdarah. Diakuinya, tidak sedikit masyarakat mengalami flu dan batuk saat ini di wilayah setempat, namun ditegaskan, itu penyakit musiman yang tidak ada kaitannya dengan kasus Covid-19.

"Biasa, setiap tahun terjadi seperti itu di lapangan banyak flu dan batuk tapi setelah ditracing antigen hasilnya negatif, dalam artian tidak ada hubungannya dengan Covid-19," tegasnya. 

Sementara untuk Demam Berdarah Dengue (DBD) ada peningkatan kasus jika dibandingkan tahun sebelumnya. Disebutkan, sejak Januari hingga Agustus 2022 ditemukan 29 kasus DBD dan tahun lalu yang hanya ada 7 kasus.

"Tahun lalu masih rendah tahun ini mengalami peningkatan seiring meningkatnya kasus deman berdarah di daerah lain," ungkapnya.

Pihaknya pun mengimbau agar masyarakat melakukan pola hidup bersih dan sehat (PHBS) agar kebugaran tubuh tetap terjaga. 

"Setiap hari olahraga 20 menit, makan makanan cukup nutrisi dan istirahat cukup insya Allah mencegah dari penyakit di musim seperti ini," tutupnya. (KLIK-RED)

Baca Juga

Ikuti Kami