Home Pemerintah Pemprov Kalteng Pemprov Kalteng Tekankan Pengendalian Inflasi

Pemprov Kalteng Tekankan Pengendalian Inflasi

  Redaksi   | Kamis , 25 Agustus 2022
4cb2b0d6d9d3619f9b8dbcb6ddc905bc.jpg
Wakil Gubernur Edy Pratowo memberi arahan dalam rapat TPID Kalteng

KLIK.PALANGKA RAYA – Wakil Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) Edy Pratowo menekankan, kepada seluruh pihak utamanya Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) untuk memerhatikan langkah-langkah pengendalian inflasi.

Kendati saat ini perekonomian sudah mulai pulih dan pandemi telah membaik, namun saat ini masih dihadapkan pada tantangan meningkatnya risiko inflasi akibat kondisi geopolitik dunia seiring dengan perang Rusia-Ukraina yang terus berlangsung. 

“Hal ini menjadi ancaman tersendiri karena kita dihadapkan pada beragam ketidakpastian di kala ekonomi kita sedang menjalani pemulihan,” katanya pada saat memimpin Rapat TPID Kalteng.

Dari data yang ada, inflasi Kalteng pada Juli 2022 tercatat sebesar 6,79 persen (year on year), telah berada di atas sasaran inflasi nasional 3,1 pesen. Sehingga data itu juga dilihat jika inflasi Kalteng berada pada posisi enam di tingkat nasional, dan tertinggi di Kalimantan.

Maka daripada itulah, Wagub meminta seluruh kepala daerah dan TPID di masing-masing kabupaten dan kota untuk segera mengoptimalkan penggunaan anggaran belanja tidak terduga dari APBD untuk mendukung upaya pengendalian inflasi daerah, hingga perluas Kerjasama Antar Daerah (KAD) untuk mengurangi disparitas pasokan dan harga antar wilayah.

“Selain itu saya minta juga daerah mendorong optimalisasi subsidi biaya transportasi untuk membantu lalu lintas barang utamanya komoditas pangan strategis agar tidak terlalu terbebani biaya transportasi,” katanya mengharapkan.

Dalam upaya pengendalian inflasi ini juga diperlukan langkah mendorong produksi hortikultura, sehingga dapat mengurangi ketergantungan dari daerah lain, serta terus melakukan komunikasi yang efektif dan menghimbau kepada masyarakat untuk berbelanja secara bijak.

“Saya juga berharap kepada seluruh Bupati dan Wali Kota untuk memberi perhatian lebih pada upaya menjaga dan meningkatkan laju pertumbuhan ekonomi Kalteng,” katanya mengakhiri. (KLIK-RED)

Baca Juga

Ikuti Kami