Home Pemerintah Pemprov Kalteng Gubernur Kalteng Berharap Lembaga Adat Berperan dalam Pembangunan

Gubernur Kalteng Berharap Lembaga Adat Berperan dalam Pembangunan

  Redaksi   | Kamis , 18 Agustus 2022
cfd22adc9d6159d05deffce95adcc8c1.jpg
Gubernur Kalteng, Sugianto Sabran.

KLIK.PALANGKA RAYA – Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) Sugianto Sabran mengharapkan, peran seluruh lembaga adat di wilayah provinsi ini untuk turut serta membantu pemerintah melaksanakan berbagai program pembangunan.

Seperti halnya Dewan Adat Dayak (DAD), lembaga ini tidak hanya memerhatikan norma, nilai, moral, etika, toleransi, dan budaya yang hidup dalam masyarakat. Akan tetapi perannya dalam kegiatan pembangunan pemerintah sangat diharapkan.

“Jajaran pengurusan DAD Kalteng yang kemarin sudah dilantik, saya harapkan dapat mewujudkan tujuan organisasi ke depannya, termasuk  bersinergi dengan pemerintah dalam berbagai hal,” kata dia.

Maka dari itu, Sugianto mengharapkan seluruh tokoh-tokoh masyarakat adat, pengurus DAD Provinsi, kabupaten dan kota, serta Damang Kepala Adat dan Batamad, agar terus bekerjasama dengan pemerintah daerah dalam menyusun dan melaksanakan program-program pembangunan.

Tentunya merupakan hal yang sangat wajar tuntutan tersebut, mengingat pemerintah akan lebih maksimal apabila adanya peran serta dari pihak lain. 

Untuk itulah lembaga adat yang ada  diharapkan dalam penyusunan program kerjanya dapat diselaraskan dengan program-program pembangunan pemerintah, demi mendorong kesejahteraan masyarakat.

“Yang namanya pembangunan tidak akan lepas dari kerja sama antarpihak. Itulah kenapa pemerintah sangat ingin keterlibatannya semuanya. Tidak hanya lembaga adat, tapi masyarakat secara umum juga demikian,” katanya mengharapkan.

Lebih lanjut gubernur mengatakan, jika melihat dari yang dikerjakan selama ini, dapat dikatakan peran lembaga adat sudah berjalan dengan sangat baik. Pemerintah pun mengharapkan hal itu dapat terus dipertahankan untuk program-program ke depan.

“Banyak sekali yang menjadi tuntutan pemerintah ke depan dalam memenuhi keperluan pembangunan. Jadi mari kita selalu bersinergi dan koordinasi supaya yang kita programkan terlaksana baik,” katanya mengakhiri. (KLIK-RED)

Baca Juga

Ikuti Kami