Home Pemerintah Kotawaringin Barat Pemkab Kobar Raup Rp 431 Juta dari Lelang Aset Daerah

Pemkab Kobar Raup Rp 431 Juta dari Lelang Aset Daerah

  Redaksi   | Sabtu , 06 Agustus 2022
ea16375433a7ba06da16845ae6c5e252.jpg
Kendaraan roda dua yang dilelang oleh BPKAD Kobar, batu-baru ini.

KLIK. PANGKALAN BUN - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kotawaringin Barat (Kobar) menambah pundi-pundi Pendapatan Asli Daerah (PAD) sebesar Rp 431.839.703 dari hasil lelang aset milik daerah di tahun 2022.

Kepala Bidang Aset Badan Pengeloka Keuangan Aset Daerah (BPKAD) Kobar Retno Widowati mengungkapkan dari 425 unit aset milik daerah yang lelang untuk periode kali ini mayoritas laku terjual kepada para peserta lelang.

Aset tersebut berupa kendaraan, peralatan kantor, bongkaran bangunan gedung hingga alat berat. Dengan nilai taksiran beragam jenis aset milik daerah itu hanya Rp 257 juta.

"Untuk lelang sudah selesai pada tanggal 4 Agustus kemarin. Total aset yang terjual Rp 431.839.703. Barang yang tidak laku ada 16 unit," ungkapnya, Sabtu (6/8).

Retno menjelaskan, antusias peserta lelang tahun ini terbilang cukup tinggi. Teknis pelaksanaan lelang menggunakan metode closed bidding secara daring melalui laman lelang.go.id

"Tahun lalu barangnya banyak yang bagus, sementara tahun ini banyak yang rusak. Jadi tidak bisa dibandingkan sesuai kondisi barang," jelasnya.

Ditambahkan Retno, bagi peserta lelang yang kalah dalam pelelangan maka uang jaminan yang disetorkan akan bakal dikembalikan secara utuh ke rekening masing-masing.

Selain itu, pemenang lelang juga akan diberikan salinan risalah lelang sebagai bukti kepemilikan sekaligus dasar bagi pemenang lelang untuk mengurus dokumen administratif lainnya.

"Untuk kendaraan yang tidak lengkap suratnya, kami akan berikan surat risalah lelang sebagai dasar pembuatan surat baru ," tukas Retno.

Rencananya BPAKD Kobar bersama dengan KPKNL Pangkalan Bun bakal kembali menggelar lelang pada akhir tahun 2022. (KLIK-RED)

Baca Juga

Ikuti Kami