Home Pemerintah Pemprov Kalteng Wow! Kalteng Jadi Salah Satu Penyumbang Devisa Terbesar

Wow! Kalteng Jadi Salah Satu Penyumbang Devisa Terbesar

  Redaksi   | Senin , 01 Agustus 2022
64d25588a6bd962c7dc8120eb2ef6373.jpg
Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Kalteng, Leonard S Ampung.

KLIK. PALANGKA RAYA - Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), Leonard S Ampung menegaskan, pemerintah daerah terus berupaya memberikan pengetahuan dan informasi kepada para pelaku usaha, mengenai pasar tujuan ekspor yang masih dapat dikembangkan.

Leo menjelaskan, langkah itu bertujuan untuk meningkatkan informasi akses dan survei pasar ekspor Kalteng. Sehingga hal itu diharapkan mampu memberi akses pasar yang kuat, serta berdampak pada peningkatan ekonomi daerah. 

"Sejauh ini Kalteng sudah sangat baik dalam hal pasar ekspor, dan inilah yang harus kita pertahankan untuk perekonomian yang lebih baik lagi," kata dia. 

Kalteng sendiri dari tahun ke tahun selalu berkontribusi positif secara signifikan sebagai salah satu provinsi penyumbang devisa terbesar bagi negara.

Hal tersebut dibuktikan dengan melihat Neraca Perdagangan Luar Negeri Kalteng dalam lima tahun terakhir selalu mengalami surplus di atas US$ 1,5 miliar. 

"Bahkan saat pandemi Covid-19 yang melanda dunia. Alhamdulillah, Kinerja Perdagangan Luar Negeri Provinsi Kalteng terus menunjukkan prestasinya, dengan selalu mengalami surplus," katanya menyampaikan. 

Ditambahkannya, hal baik itu bisa terjadi karena adanya kerja sama antarpihak. Seperti halnya Dewan Kerajinan Nasional Daerah sebagai mitra pemerintah daerah, memiliki peranan penting dan strategis dalam membina dan menumbuhkembangkan Industri Kecil Menengah (IKM) bagi penguatan dan pertumbuhan ekonomi masyarakat dan daerah.

Leo berharap, kinerja Perdagangan Luar Negeri Kalteng semakin baik, serta kontribusi Perdagangan Luar Negeri Kalteng bagi negara juga semakin besar, IKM semakin banyak yang mampu melakukan ekspor dan memiliki nilai tambah ekonomi.

"Pemerintah dan perangkat terkait lainnya dapat memberikan gambaran, informasi dan hal-hal teknis terkait lainnya yang bermanfaat bagi daerah," katanya mengakhiri. (KLIK-RED)

Baca Juga

Ikuti Kami