Home Pemerintah Kotawaringin Barat Anang Dirjo Siap Maksimalkan Pengelolaan Pariwisata Kobar

Anang Dirjo Siap Maksimalkan Pengelolaan Pariwisata Kobar

  Redaksi   | Rabu , 27 Juli 2022
5aac05933d1a862b2b99535b8cdf8b6b.jpg
Pj Bupati Kobar, Anang Dirjo saat diwawancarai awak media.

KLIK. PANGKALAN BUN - Penjabat Bupati Kotawaringin Barat, Anang Dirjo meminta dinas pariwisata menjadi motor dalam upaya menghidupkan wisata lokal. Ini agar lebih diminati oleh pengunjung lokal maupun luar daerah bahkan dari mancanegara.

“Saya ingin sinergitas antara dinas pariwisata dan dinas terkait serta kepada pihak kecamatan, kelurahan dan desa lebih ditingkatkan. Ini agar wisata-wisata lokal yang ada di daerah kita lebih menjadi daya minat untuk dikunjungi oleh wisatawan, " tutur Anang Dirjo. 

Anang Dirjo menyampaikan ingin adanya udara segar terhadap pengelolaan baik itu di bidang wisata Taman Nasional Tanjung Puting (TNTP), wisata bahari maupun wisata sejarah yang ada di Kabupaten Kobar.

Anang Dirjo mengatakan ingin memaksimalkan potensi pariwisata wilayahnya, ke depan ia akan menuntaskan persoalan yang menjadi penghambat pengembangan wisata.

Anang Dirjo menyebutkan, sedikitnya ada beberapa persoalan yang akan dituntaskan untuk menuju penggerakan pariwisata. Hal pertama, investor sebagai penggerak, tentu perlu penataan kawasan yang lebih baik sebagai faktor utama pendukung.  

"Ada persoalan. Pertama harus ada penataan kawasan karena kita masih satu sama lain belum bersinergi mendukung wisata," kata Anang Dirjo usai menghadiri Paripurna di DPRD Kobar, Rabu (27/7).

Selain itu ia ingin memperluas kawasan wisata Kotarangin Barat. Jadi tidak hanya bertumpu pada satu titik, tapi meluas ke wisata lainnya.

Ia juga mengatakan perlu menertibkan keamanan wilayahnya. Dengan begitu wisatawan dapat merasa aman datang ke Kobar. Termasuk mempersiapkan masyarakatnya menghadapi wisatawan yang datang.

"Lanjut Anang Dirjo, bagaimana menumbuhkan rasa aman orang mau datang ke Kobar. Bisa Enjoy. Artinya membangun kultur," ujarnya.

Setelah tahapan tersebut diselesaikan, ia menuturkan tantangan selanjutnya adalah memaksimalkan promosi. Bahwa Kobar memiliki destinasi wisata cantik yang wajib didatangi. 

"Kita punya daerah yang cantik loh, ayo datang ke Kotawaringin Barat," ucapnya.

Ia meyakini dengan pengelolaan destinasi wisata yang baik maka akan berdampak signifikan pada kesejahteraan masyarakat. Peningkatan kesejahteraan akan dirasakan seiring berkembangnya wilayah sebab pengelolaannya tentu akan melibatkan warga sekitarnya.

Selain pariwisata, Anang Dirjo ingin juga meningkatkan potensi pertanian, perikanan, dan kehutanan. Ia menilai kekayaan alam sangat potensial untuk dikembangkan. (KLIK-RED)

Baca Juga

Ikuti Kami