Home DPRD Kotawaringin Timur Pemkab Kotim Harus Siap Hadapi Potensi Bencana

Pemkab Kotim Harus Siap Hadapi Potensi Bencana

  Dimas Suma Fember   | Jumat , 22 Juli 2022
e9e985f686e9ea2688b0e43b8b815e9c.jpg
Anggota Fraksi Partai Demokrat, Pardamean Gultom.

KLIK.SAMPIT - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kotawaringin Timur (Kotim) diminta siap menghadapi potensi bencana. Sebab potensi bencana bisa terjadi kapan saja. 

Anggota Fraksi Partai Nasional Demokrat (Nasdem) DPRD Kotim Pardamean Gultom mengatakan, pemerintah kabupaten harus siap menghadapi berbagai potensi bencana terutama yang sifatnya tahunan. 

Seperti di antaranya adalah banjir. Banjir sangat rawan terjadi dan menyapa masyarakat Kotim seiring datangnya musim hujan. 

"Normalisasi sungai dan anak sungai masih berjalan lambat dan terkesan formalitas. Sehingga ketika musim hujan datang sungai tidak mampu menampung kenaikan debit air dan kemudian luapannya menerjang perkampungan warga," ujarnya, Jumat (22/7).

Lanjutnya, saat hujan terjadi banjir dan saat kemarau terjadi kebakaran, dengan begitu sangat terlihat tidak ada strategi dari pemerintah daerah untuk mengantisipasi lebih sigap di setiap tahunnya.

"Seperti halnya kebakaran hutan dan lahan yang menjadi siklus tahunan harus ada strategi penanganan yang dirumuskan tim penanggulangan bencana di daerah ini untuk itu," tegasnya. (KLIK-RED/*)

Baca Juga

Ikuti Kami