Home News Metropolis PWI Kotawaringin Barat Berangkatkan 9 Orang Ikut KLW

PWI Kotawaringin Barat Berangkatkan 9 Orang Ikut KLW

  Redaksi   | Kamis , 14 Juli 2022
c78409da08ab67b9450dfb0090754d16.jpg
Ketua PWI Kabupaten Kotawaringin Barat, Syamsudin Danuri saat diwawancarai terkait persiapan KLW.

KLIK.PANGKALAN BUN - Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), memberangkatkan 9 calon anggota untuk mengikuti Karya Latihan Wartawan (KLW) di Palangka Raya yang digelar pada tanggal 16 Juli 2022. 

"KLW merupakan salah satu syarat seorang wartawan menjadi anggota PWI," kata Ketua PWI Kobar, Syamsudin Danuri, Rabu (13/7).

Dalam KLW atau orientasi keorganisasian ini para wartawan diberikan banyak pengetahuan tentang organisasi terlebih tentang menjadi seorang wartawan yang benar-benar memiliki kompetensi dan menjalankan tugas sesuai Undang-Undang dan kode etik, terang Syamsudin.

"Melalui KLW ini harapannya bisa meningkatkan sumber daya manusia (SDM) calon anggota PWI Kobar, sekaligus akan menambah daftar anggota secara resmi di PWI Kabupaten Kobar," katanya. 

Diakui Syamsudin bahwa selama ini banyak yang bergabung di PWI Kobar, tetapi secara organisasi mereka masih terdaftar dan belum resmi, maka untuk menjadi anggota resmi salah satunya harus mengikuti KLW. Setelah KLW baru kemudian akan mendapat kartu anggota setelah dua tahun berjalan. 

Selain KLW, uji kompetensi wartawan (UKW) juga menjadi salah satu syarat menjadi anggota, tetapi untuk di Kobar hampir mayoritas calon anggota sudah kompeten karena sudah mengikuti Uji Kompetensi Wartawan (UKW) jenjang muda yang diselenggarakan PWI Kobar tahun 2021 lalu.

"Semoga dengan berbagai kegiatan peningkatan SDM termasuk kegiatan KLW, wartawan semakin profesional dalam menjalankan tugas dan fungsinya,"harap Syamsudin. 

Sementara itu, ketua PWI Provinsi Kalteng, HM Harris Sadikin menjelaskan, betapa pentingnya menjadi wartawan profesional dalam era kemajuan teknologi.

Karena itu, pihaknya terus berupaya mempersiapkan kader-kader muda organisasi PWI, sehingga mampu menjaga sikap, etika, tata krama serta sopan santun, ketika bertugas di lapangan. 

Hal itu tidak lain adalah dalam rangka mewujudkan terciptanya wartawan profesional. Maka PWI Kalteng terus merancang sejumlah program pelatihan, advokasi, serta berbagai kegiatan yang menambah ilmu pengetahuan. 

"Program inti dari peningkatkan sumber daya wartawan di Kalteng, melalui UKW dan kegiatan Orientasi Keorganisasian,”ucapnya sekaligus lmempertegas bahwa yang paling penting sekarang, bukan berapa jumlah anggota yang dimiliki, tetapi, bagaimana PWI mempunyai anggota yang berkualitas," katanya. 

Ia berharap, wartawan yang bernaung di bawah organisasi PWI, tetap profesional dalam bekerja, beretika, dan tidak melakukan pelanggaran hukum. (KLIK-RED)

Baca Juga

Ikuti Kami